Find Us On Social Media :

Ilmuwan Mengungkap Hewan Laut Aneh yang Memiliki Gigi di Bagian Ekor dan Mata di Bagian Tubuh yang Berbentuk Tangkai

By Arnaldi Nasrum, Jumat, 18 Maret 2016 | 10:30 WIB

Ilmuwan Mengungkap Hewan Laut Aneh yang Memiliki Gigi di Bagian Ekor dan Mata di Bagian Tubuh yang Berbentuk Tangkai

Intisari-Online.com - Dengan tubuh yang berbentuk tabung, mata yang berada di ujung bagian tubuh yang berbentuk tangkai dan gigi di bagian ekornya, hewan laut ini telah menjadi obyek penelitian yang mengundang rasa penasaran dari para ilmuwan sejak pertama kali ditemukan 58 tahun yang lalu.

Tully Monster, sebagaimana hewan aneh tersebut dijuluki, akhirnya telah diidentifikasi oleh para ilmuwan sebagai hewan predator vertebrata yang dikaitkan dengan lamprey, seekor belut air primitif vertebrata.

Diperkirakan, hewan aneh ini telah hidup di Grundy County, Illinois, sekitar 300 juta tahun yang lalu dan saat itu dianggap sebagai bagian dari spesies cumi-cumi. Namun seperti diketahui cumi-cumi adalah hewan invertebrata alias tidak memiliki tulang belakang.

Sementara penelitian terbaru membuktikan bahwa Tully Monster memiliki tulang belakang. Ia kemudian disamakan dengan beberapa ikan primitif. Victoria McCoy, seorang paleontolog yang melakukan penelitian di Yale Univesity yang sekarang berbasis di University Leicester mengatakan hewan laut ini memang sangat menarik perhatian.

“Terkait dengan fosil hewan yang luar biasa ini, kami memiliki gambar yang sangat jelas, namun tidak dengan informasi soal hewan tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, hewan laut ini sangat berbeda. Dengan jumlah gigi yang sangat banyak, ada kemungkinan Tully Monster adalah predator.

Tully Monster ini sebenarnya bernama Tullimonstrum gregarium setelah ditemukan oleh pemburu fosil Francis Tully, pertama kali ditemukan pada tahun 1958. Saat itu, ribuan fosil makhluk hidup telah digali dari lubang tambang batubara di Mazon Creek, Grundy County, Illinois, AS. Sejak itu makhluk laut ini telah menjadi sangat popular.

Menggunakan koleksi Museum Field yang terdiri dari 2.000 fosil Tully Monster, McCoy dan rekan-rekannya melakukan analisis terkait morfologi dan pelestarian hewan. Mereka menemukan hewan ini memiliki tulang belakang yang belum sempurna yang dikenal sebagai notochord, dan insang yang belum teridentifikasi sebelumnya.

(Dailymail.co.uk)