Find Us On Social Media :

Pendaki Gunung ini Temukan Koin Roma Berusia Sekitar 2.000 Tahun yang Sangat Langka

By Lila Nathania, Minggu, 20 Maret 2016 | 16:15 WIB

Pendaki Gunung ini Temukan Koin Roma Berusia Sekitar 2.000 Tahun yang Sangat Langka

Intisari-Online.com – Keberuntungan bisa datang pada siapa saja pada saat yang tak terduga. Pendaki gunung ini temukan koin Roma berusia sekitar 2.000 tahun yang sangat langka.

Seorang pendaki gunung asal Israel belum lama ini menemukan sekeping koin Roma berusia sekitar 2.000 tahun. Setelah diselidiki, koin ini ternyata sangat langka dan merupakan spesimen kedua yang pernah ditemukan. Jadi sekarang ini hanya ada dua koin tersebut di dunia yang telah ditemukan.

Pendaki gunung asal Israel tersebut, Laurie Rimon, menemukan koin langka itu di bagian utara Israel pada bulan Maret 2016 ini. Rimon kemudian menunjukkan koin tersebut ke pemandunya, Irit Zuk-Kovacsi. Pemandu itu kemudian mengontak Israel Antiquities Authority (IAA).

Pihak IAA langsung merespon dengan gembira dan berkata bahwa mereka sangat ingin melihat koin langka tersebut. Setelah diteliti oleh pihak IAA, koin itu ternyata sudah ada sejak tahun 107. Koin ini merupakan bagian dari seri koin nostalgia yang dibuat oleh Kaisar Trajan untuk menghormati para kaisar yang memerintah sebelumnya.

Koin emas 24 karat ini memiliki tulisan ‘Deified Augustus’ dengan gambar Kaisar Agustus yang tercetak di salah satu sisinya. Pihak IAA berkata bahwa penemuan ini sangat mengejutkan dan hebat. Berkat Rimon, sekarang koin itu bisa dilihat oleh semua orang karena sudah ditempatkan dalam Israel Museum di Yerusalem.

(yahoo.com)