Find Us On Social Media :

Kura-kura Jonathan, Hewan Tertua di Dunia Berusia 184 Tahun yang Baru Pertama Kali Mandi

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 23 Maret 2016 | 16:45 WIB

Kura-kura Jonathan, Hewan Tertua di Dunia Berusia 184 Tahun yang Baru Pertama Kali Mandi

Intisari-Online.com - Hewan tertua di dunia berusia 184 tahun bernama Jonathan baru pertama kali mandi. Jonathan, yang adalah kura-kura raksasa yang hidup di Saint Helena, dimandikan dalam rangka persiapan kunjungan Kerajaan Inggris yang berlangsung sebentar lagi. 

Untuk membersihkan kulitnya, dokter hewan Dr Joe Hollins harus menggunakan loofah dan sikat yang lembut, juga sabun bedah. Selain selah-selah di cangkangnya, Pak Dokter juga membersihkan kotoran-kotoran burung dan lummpur berwarna hitam pekat yang menempel di tubuhnya.

Sementara itu, si kura-kura tua bangka tenang-tenang saja sambil mengunyah rumput.

Sabun bedah dipilih karena dianggap tidak membuat pedih sementara loofah dan sikat yang lembut supaya tidak merusak kulitnya. Setelah mandi, Jonathan dikenakan cincin khusus di cangkangnya yang menunjukkan usia asli kura-kura itu.

Jonathan, yang memiliki panjang 45 inci dan dapat berdiri hingga 2 kaki, telah berusia 50 tahun ketika dibawa ke St Helena sebagai hadiah untuk gubernur dari Seychelles pada akhir abad ke-19. Sejatinya tidak ada catatan pasti perihal jumlah mandinya, tapi Dr Hollins yakin bahwa itu adalah mandinya yang pertama.

 

“Bisa jadi ini mandi pertamanya selama 184 tahun. Kami memberinya scrub supaya pengungjung dari Kerajaan bisa melihatnya dalam keadaan yang terbaik,” ujar Hollins. “Ia tampak jauh lebih bersih dan ia tampaknya sangat menikmati pengalaman itu.”

Hingga kini, Jonathan setidaknya telah melihat 28 Gubernur Inggris yang datang dan pergi dari St Helena. Ia juga telah menyaksikan delapan Raja Inggris dari George IV hingga Elizabeth II telah dinobatkan dan 51 Perdana Menteri Inggris dilantik.

Di St Helena, Jonathan harus berbagi kandang dengan empat kura-kura raksasa lainnya: David, Emma, Frederika, dan Myrtle. Setelah kematian Harriet si kura-kura Galapagos pada usia 175 tahun, Jonathan dinobatkan sebagai hewan darat tertua di dunia.