Find Us On Social Media :

Di China, Bus Sediakan Bangku Khusus untuk Ibu Menyusui

By Ade Sulaeman, Selasa, 5 April 2016 | 15:15 WIB

Di China, Bus Sediakan Bangku Khusus untuk Ibu Menyusui

Intisari-Online.com - Kota Pingxiang provinsi Jiangxi Cina Timur telah menjadi contoh ide terbaru yang bisa diadopsi. Hal ini menyusul kebijakan pemerintah setempat agar setiap bus menyediakan bangku khusus untuk ibu menyusui.

Sebagai langkah awal, pemerintah kota telah menerapkan kebijakan tersebut pada 10 bus yang melayani empat rute.

Tak ayal, kebijakan tersebut mendapat banyak apresiasi dari masyarakat khususnya para netizen setelah foto-foto dari bus-bus tersebut menyebar.

"Kursi menyusui" khusus tersebut diletakan di dekat pintu dan memiliki tirai merah muda yang dapat ditarik ibu untuk memperoleh privasi saat mereka menyusui.

Penumpang lain dapat membuka tirai dan duduk ketika ada ibu menyusui tersebut turun. Namun ketika ibu-ibu membawa bayi masuk, maka mereka akan langsung diarahkan untuk duduk di bangku khusus yang disediakan untuk mereka.

Sebuah survei Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2013 menemukan bahwa di China, hanya 28% dari bayi di bawah usia enam bulan mendapat ASI eksklusif, jauh di bawah rata-rata global sekitar 40%.

Dewan Negara China sebelumnya telah menyatakan tujuan untuk menaikkan tingkat menyusui eksklusif menjadi 50 persen pada tahun 2020. Para ahli berpikir ada banyak alasan di balik kurangnya tingkat menyusui di China, salah satunya adalah kurangnya fasilitas menyusui di ruang publik.

Berikut ini foto-foto yang menunjukkan bagaimana bus-bus di China menyediakan bangku khusus untuk ibu menyusui:

Chinese buses help breast-feeding moms Pingxiang city of East China's Jiangxi province has become the latest to adopt...

Posted by CCTVNews on Monday, April 4, 2016

(CCTVNews)