Find Us On Social Media :

Planet X, Planet Kesembilan nan Misterius yang Dianggap sebagai Biang Kerok Kepunahan Massal Kehidupan di Bumi

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 7 April 2016 | 15:45 WIB

Planet X, Planet Kesembilan nan Misterius yang Dianggap sebagai Biang Kerok Kepunahan Massal Kehidupan di Bumi

Intisari-Online.com - Besar dan misterius. Begitulah keyakinan banyak ilmuwan tentang planet X alias planet kesembilan yang dianggap sebagai biang kerok kepunahan massal kehidupan di Bumi, yang dianggap sebagai penyebab musnahnya dinosaurus di Bumi jutaan tahun yang lalu.

Tak hanya sekali, planet X juga dianggap bisa mendatangkan kepunahan massal yang berulang. Para ilmuwan mengkalim telah menemukan bukti yang lebih banyak soal planet ini—ia terlihat di orbit eksentrik yang terletak di luar sistem tata surya.

Perdebatan planet misterius ini kabarnya telah mengilhami para astrofisikawan untuk mengklaim bahwa planet X bertanggung jawab atas hujan komet yang akan menyebabkan kepunahan massal. Ide ini pertama kali muncul pada 30 tahun yang lalu oleh seorang ilmuwan bernama Dr Daniel Whitmire dari University of Arkansas.

Penelitiannya menawarkan sebuah tesis bahwa planet besar ini “melahirkan” hujan komet setiap 27 juta tahun. “Saya adalah bagian dari cerita ini 30 tahun yang lalu. Jika ada jawaban final saya dengan senang hati akan menuliskan tentang itu,” ujarnya baru-baru ini.

Awal tahun ini, Mike Brown dari Caltech mengatakan bahwa dirinya telah menemukan “bukti yang lebih kuat” tentang planet kesembilan ini. “Ini akan menjadi planet kesembilan yang nyata,” tulis Brown dalam akun Twitter-nya.

Planet kesembilan ini diprediksi memiliki besar seperti Neptunus dan mengorbit milyaran mil dari jalur Neptunus. Dibutuhkan waktu sekitar 10 ribu-20 ribu tahun untuk mengelilingi Matahari.