Find Us On Social Media :

Kursi yang digunakan oleh JK Rowling saat Menulis Harry Potter Terjual Seharga Rp4,5 Triliun

By Agra Winona, Jumat, 8 April 2016 | 16:00 WIB

Kursi yang digunakan oleh JK Rowling saat Menulis Harry Potter Terjual Seharga Rp4,5 Triliun

Intisari-Online.com - Kursi yang digunakan oleh JK Rowling saat menulis dua buku pertama Harry Potter dilelang di New York City dengan harga $349.000 (atau sekitar Rp4,5 triliun). Heritage Auctions mengatakan yang berhasil memenangkan pelalangan kursi ini adalah seorang private collector.

Kursi berbahan kayu oak ini diperkirakan dibuat tahun 1930an, kursi ini jugalah yang diduduki oleh J. K. Rowling saat ia menulis dua seri pertama buku Harry Potter, yaitu “Harry Potter and the Sorcerer's Stone" dan "Harry Potter and the Chamber of Secrets,”. Di bagian sandaran kursi terdapat tanda tangan J. K. Rowling, sementara di tempat duduknya terdapat tulisan "I wrote/Harry Potter/while sitting/on this chair". Di bagian lain juga terdapat tulisan Gryffindor, Hermione Granger, Ron Weasley dan Harry Potter.

Kursi ini sebelumnya sudah pernah dilelang pada 2002 dan laku terjual seharga $21 ribu dan dilelang lagi di eBay pada tahun 2009 dan laku seharga $29 ribu.

Penjual kursi ini, Gerald Gray, mengatakan ia tidak menyangka harga lelang kali ini melebihi ekspektasinya. Ia juga berencana untuk mendonasikan 10% hasil pernjualan untuk Lumos, organisasi amal milik J. K. Rowling. Ia juga mengatakan bahwa ia ingin pembeli barunya untuk memajang kursi ini di tempat di mana anak-anak bisa melihatnya, seperti di museum atau di taman bermain.