Find Us On Social Media :

Saat Jam Harus Berdetak 31 Juta Kali

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 12 Januari 2014 | 18:00 WIB

Saat Jam Harus Berdetak 31 Juta Kali

Intisari-Online.com – Alkisah, seorang pembuat jam tangan berkata kepada jam yang sedang dibuatnya. “Hai jam, apakah kamu sanggup  untuk berdetak paling tidak 31.104.000 kali selama setahun?”

“Ha?!” seru jam terperanjat, “Mana sanggup saya?”

“Bagaimana kalau 86.400 kali dalam sehari?” tanya pembuat jam tangan lagi.

“Delapan puluh enam ribu empat ratus kali? Dengan jarum yang ramping-ramping seperti ini?” tanya jam tangan penuh keraguan.

“Oke, bagaimana kalau 3.600 kali dalam satu jam?” tanya pembuat jam itu lagi.

“Dalam satu jam harus berdetak 3.600 kali? Banyak sekali ‘kan itu,” jawab jam tangan tetap dengan ragu-ragu atas kemampuan dirinya.

Pembuat jam itu dengan penuh kesabaran kemudian berbicara lagi kepada si jam tangan itu. “Kalau begitu, sanggupkah kamu berdetak satu kali setiap detik?”

“Nah, kalau begitu, aku sanggup!” jawab jam dengan penuh antusias.

Maka, setelah selesai dibuat, jam itu pun berdetak satu kali setiap detik. Tanpa terasa, detik demi detik terus berlalu. Dan jam itu sungguh luar biasa karena ternayta selama setahun penuh ia telah berdetak tanpa henti. Itu berarti ia telah berdetak sebanyak 31.104.000 kali.

Ada kalanya kita ragu-ragu dengan segala tugas pekerjaan yang terasa begitu berat. Namun sebenarnya, kalau kita sudah menjalankannya, kita ternyata mampu. Bahkan yang semula kita anggap tidak mungkin untuk dilakukan sekalipun.

Maka, jika kita ingin melakukan hal yang besar, lakukanlah mulai dari hal kecil. Perlahan-lahan tapi pasti semua bisa tercapai dan terlewati. (BMSPS)