Find Us On Social Media :

Penyapu yang Bahagia

By K. Tatik Wardayati, Senin, 20 Januari 2014 | 21:30 WIB

Penyapu yang Bahagia

Intisari-Online.com – Seorang anak yang sangat tidak sopan dan teman-temannya mengunjungi sebuah taman hiburan. Mereka tiba sangat awal, dan taman masih terlihat sepi dan bersih. Seorang penyapu taman datang, ia bernyanyi dan sedikit menari saat menyapu. Melihat segala sesuatu di taman itu sudah begitu bersih, kelompok anak-anak tadi merasa terhibur karena melihat penyapu bekerja sangat gembira. Demikianlah awal di pagi hari itu, mereka mengolok-olok si penyapu itu. Si penyapu tidak mempedulikannya, ia hanya terus menyapu agar taman itu bersih.

Lalu, kelompok anak-anak itu mulai melemparkan potongan-potongan kertas di tanah, mengerjai si tukang sapu. Ketika banyak pengunjung mulai berdatangan, dan melihat kelompok itu melemparkan sampah, mereka pikir itu kegiatan yang menyenangkan di taman. Maka mereka pun bergabung, dan karena semakin banyak orang yang datang, taman pun tertutup sampah. Penyapu taman pun tidak bisa mengatasi. Tidak ada yang terlihat terganggu, tetapi sesuatu yang aneh mulai terjadi.

Sekarang, semua orang melihat ke sampah di tanah. Hingga pihak taman bernyata, “apa yang terjadi di sini?”

Rupanya semua orang di taman itu sedang mencari sesuatu! Ternyata, ketika mereka mulai mengotori taman dengan sampah itu, semua orang telah menjatuhkan sesuatu di tanah. Tapi karena taman itu telah tertutup sampah, rasanya hampir mustahil menemukannya.

Tidak ada solusi lain kecuali semua orang membantu untuk membersihkan taman, sehingga mereka bisa menemukan barang-barang milik mereka yang hilang. Didorong oleh penyapu taman, para pengunjung taman pun menyapu , sambil bernyanyi dan menari. Ini menjadi begitu menyenangkan, sehingga mereka pun menciptakan aktivitas baru di mana. Setiap orang, dengan senjata sapu dan tas, menghabiskan waktu mereka dengan membersihkan sampah, bernyanyi, tertawa, dan menari.

Demikianlah. Lebih baik menjadi bersih dan rapi sejak awal, dan siapa pun bisa membersihkan dengan semangat yang menyenangkan.