Find Us On Social Media :

Kisah Pohon dan Sayuran

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 23 Januari 2014 | 22:00 WIB

Kisah Pohon dan Sayuran

Intisari-Online.com – Sekali waktu, di sebidang kebun sayuran yang indah, tumbuh pohon yang sangat rindang. Sayuran dan pohon memberikan pemandangan yang indah dan kebanggaan dari pemilik kebun itu.

Tidak ada yang tahu bahwa kebun sayuran dan pohon itu tidak bisa berdiri satu sama lain. Sayuran membenci bayangan pohon, karena hanya menyisakan sedikit cahaya untuk bertahan hidup. Di sisi lain, pohon membenci sayuran karena minum hampir semua air sebelum sampai kepadanya. Ia mendapatkan air secukupnya untuk bertahan hidup.

Situasi menjadi sangat tegang ketika sayuran benar-benar jengkel dan memutuskan untuk mengambil semua air di dalam tanah sehingga pohon itu akan mengering. Pohon itu juga menolak menaungi sayuran dari matahari yang panas, sehingga mereka pun mulai mengering. Tak lama, sayuran benar-benar layu, dan cabang-cabang pohon pun mengering.

Tak satu pun dari mereka menduga bahwa tukang kebun, ketika melihat sayuran semakin layu, akan berhenti menyiram. Pohon dan sayuran benar-benar belajar dari apa yang terjadi. Sepertinya tidak ada penyelesaian, ketika salah satu tunas kecil sayuran itu mengerti apa yang sedang terjadi. Meskipun sedikit air yang tersisa dan panas yang tak kenal ampun, tunas itu berusaha untuk tumbuh, tumbuh, dan tumbuh.

Ia berhasil tumbuh begitu besar sehingga tukang kebun pun mulai menyirami bidang kebun itu lagi. Sekarang tukang kebun ingin membawa tunas besar itu dalam beberapa kontes berkebun.

Demikianlah, sayuran dan pohon menyadari bahwa lebih baik membantu satu sama lain daripada saling melawan. Mereka benar-benar harus belajar bagaimana hidup selaras dengan orang di sekitar mereka, melakukan yang terbaik sebisa mungkin. Jadi mereka memutuskan untuk bekerja sama, menggunakan bayangan dan air dalam kombinasi terbaik untuk menanam sayuran yang baik. Melihat hal baik yang mereka lakukan, tukang kebun sekarang memberikan perawatan terbaik bagi petak sayuran ini, penyiraman dan pemupukan dilakukan lebih daripada petak sayuran yang lain.

Banyak yang diperoleh dari kerja sama dan kompromi untuk hidup lebih baik.