Find Us On Social Media :

Orang Tua dan Pohon Durian

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 29 Januari 2014 | 20:30 WIB

Orang Tua dan Pohon Durian

Intisari-Online.com – Seorang pria tua berusia lebih dari 80 tahun. Ia menanam pohon durian ketika ia diamati oleh tetangganya.

Tetangganya itu bertanya pada pria tua itu, “Apakah Anda berharap akan makan buah dari pohon durian itu?” Pohon durian memakan waktu sekitar 8 hingga 10 tahun untuk berbuah.

Pria tua itu tersenyum, sambil beristirahat memegang sekopnya. Ia berkata, “Tidak, pada usia saya, saya tahu bahwa saya tidak akan menikmatinya. Sepanjang hidupku aku telah menikmati durian tetapi tidak pernah dari pohon yang telah saya tanam sebelumnya. Saya tidak akan menikmati durian jika orang lain tidak melakukan apa yang saya lakukan sekarang. Saya hanya mencoba untuk membayar orang-orang yang telah menanam durian untuk saya.” Tidak heran ia begitu bahagia.

Kita harus menjadi pemberi pertama dan pengambil kedua dalam segala yang kita lakukan. Kami tidak hanya akan mendapatkan apa yang kita inginkan, tetapi benar-benar akan bahagia pada akhirnya. Karena kita harus menabur terlebih dahulu sebelum kita dapat menuai.

Untuk apa seseorang menabur dan hanya itu yang akan ia tuai. Dibutuhkan iman untuk memberi, karena pada awalnya semua yang kita lihat adalah apa yang kita korbankan. Mungkin kita akan merasa kehilangan, tapi ketika kita memberikan dengan itikad sederhana, apresiasi dan ucapan syukur atas semua yang telah Tuhan berikan kepada kita, maka Tuhan pun akan memberikan berkat yang berlimpah.