Find Us On Social Media :

Kekuatan Pikiran

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 4 Februari 2014 | 06:00 WIB

Kekuatan Pikiran

Intisari-Online.com – Guru Raman adalah seorang pemanah sejati. Suatu pagi, ia mengundang murid kesayangannya untuk melihat keahliannya. Murid ini telah melihat kemampuan gurunya lebih dari seratus kali, tapi ia tetap mematuhi gurunya.Mereka pergi ke samping perguruan dan ketika mereka mencapai sebuah pohon besar, Raman mengambil bunga yang terselip di kerah bajunya dan meletakkannya di salah satu cabang.

Ia kemudian membuka tasnya dan mengeluarkan tiga benda, busur indahnya yang terbuat dari kayu berharga, panah, dan sebuah sapu tangan putih bersulam ungu.

Sang Guru memposisikan dirinya seratus langkah dari tempat ia telah menempatkan bunga. Berdiri menghadap sasarannya, ia meminta muridnya untuk menutupi mukanya dengan saputangan bersulam.

Murid itu melakukan seperti yang diminta oleh gurunya.

“Seberapa sering Engkau melihat saya berlatih olahraga mulia dan kuno ini?” tanya Sang Guru.

“Setiap hari,” jawab muridnya, “dan Engkau selalu berhasil memanah mawar dari tiga ratus langkah jauhnya.”

Dengan mata ditutup oleh saputangan, sang Guru menempatkan kakinya kuat di tanah, menarik kembali tali busur dengan sekuat tenaga, mengarah pada bunga yang ditempatkan pada salah satu  cabang pohon besar.  Kemudian, dilepaskanlah anak panahnya.

Suara angin mengiringi laju anak panah, sayangnya bahkan tidak menabrak pohon, tetapi hilang target dengan lebar yang sangat jauh.

“Apakah aku memanahnya?” tanya sang Guru, melepaskan saputangan dari matanya.

“Tidak, Anda tidak mengenainya,” jawab sang Murid, “kupikir Engkau akan menunjukkan kepada saya kekuatan pikiran dan kemampuan Anda untuk melakukan sihir.”

“Saya baru saja mengajarkan Anda pelajaran penting tentang kekuatan pikiran,” jawab sang Guru. “Bila Anda menginginkan sesuatu, berkonsentrasilah hanya pada: tak seorang pun akan pernah mencapai sasaran yang tidak dapat mereka lihat.”