Find Us On Social Media :

Selalu Optimis Menjalani Hidup

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 6 Mei 2014 | 20:00 WIB

Selalu Optimis Menjalani Hidup

Intisari-Online.com – Bila sedang mengalami kesulitan hidup karena himpitan kebutuhan materi, maka cobalah mengalihkan perhatian kita pada seekor burung. Seekor burung setiap pagi keluar dari sarangnya untuk mencari makan. Tidak terbayang sebelumnya akan ke mana dan di mana ia harus mencari makanan yang diperlukan.

Karena itu, kadangkala saat sore hari burung itu pulang dengan perut kenyang dan bisa membawa makanan untuk keluarganya. Namun, terkadang makanan itu hanya cukup untuk keluarganya, sementara ia sendiri harus berpuasa.

Bahkan sering kali, ia pulang tanpa membawa apa pun untuk keluarganya sehingga ia dan keluarganya pun harus berpuasa. Namun, meskipun burung itu lebih sering mengalami kekurangan makanan karena tidak punya “kantor” yang tetap apalagi setelah lahannya banyak yang diserobot manusia, tapi kita tidak pernah melihat ada burung yang berusaha untuk bunuh diri.

Mereka tetap optimis menjalani hidupnya. Walaupun kelaparan, mereka tetap berkicau setiap pagi dengan suara merdunya. Tampaknya mereka menyadari benar bahwa demikianlah hidup. Bahwa suatu waktu berada di atas, dan di lain waktu terhempas ke bawah. Suatu waktu akan merasa kekenyangan dan di lain waktu bisa kelaparan. Pada suatu waktu akan kelebihan dan di lain waktu merasa kekurangan. (I)