Find Us On Social Media :

Selalu Bertanya, Jangan Membuat Asumsi

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 5 Juli 2014 | 21:00 WIB

Selalu Bertanya, Jangan Membuat Asumsi

Intisari-Online.com – Ketika permintaannya disetujui, seorang pewarta foto kemudian menggunakan ponselnya menelepon bandara lokal untuk menyewa sebuah pesawat untuk meliput. Dari seberang sana dijawab bahwa pesawat bermesin ganda akan menunggunya di bandara.

Sesampainya di lapangan terbang, pewarta foto itu melihat sebuah pesawat sedang dipanaskan di hanggar. Ia pun melompat masuk ke dalamnya, membanting pintu, dan berteriak, “Mari kita pergi.”

Pilot pun masuk ke ruang kokpitnya, membawa pesawat itu dan lepas landas.

Setelah di udara, pewarta foto itu memberi instruksi kepada pilot, “Terbanglah rendah di atas lembah dan lewatilah lebih rendah sehingga saya bisa mengambil gambar dari kebakaran di lereng bukit itu.”

“Mengapa?” tanya pilot.

“Karena saya seorang fotografer untuk sebuah televisi,” jawab pewarta foto itu, “Dan saya perlu untuk mendapatkan beberapa gambar.”

Pilot itu terdiam sejenak, akhirnya sambil terbata-bata, ia berkata, “Jadi, apa yang Anda bilang? Anda adalah….. Oh, Anda bukan instruktur penerbangan saya?”

Dalam setiap kesempatan, selalu bertanya dan menyampaikan pendapat, jangan membuat asumsi sendiri. Asumsi yang dibuat belum tentu sesuai dengan kenyataan.