Find Us On Social Media :

Keuntungan dari Pertengkaran Orang Lain

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 18 Juli 2014 | 21:00 WIB

Keuntungan dari Pertengkaran Orang Lain

Intisari-Online.com – Dikisahkan ada sebuah festival besar sedang berlangsung. Dua ekor kucing kelihatan berkeliaran bersama-sama. Salah satu kucing melihat kue besar dan mengeong. Kucing yang satunya melompat dan mengambil kue itu.

Kucing pertama berkata, “Berikan padaku kue itu. Aku yang melihatnya lebih dulu.”

Kucing kedua menjawab, “Hush, menjauhlah. Akulah yang mengambilnya.”

Mereka pun bertengkar saling berebut kue itu. Tapi tidak ada solusi satupun. Saat itu, seekor monyet lewat. Ia berpikir, “Dasar kucing bodoh! Biarkan aku memanfaatkan kesempatan ini.”

Ia pun mendatangi kucing itu dan berkata dengan suara keras, “Hei, kalian! Jangan melawan. Biarkan saya membagi kue ini untuk kalian berdua.”

Akhirnya kedua kucing itu menyerahkan kue itu kepada monyet. Monyet kemudian membagi kue itu menjadi dua bagian. Ia menggelengkan kepalanya dan berkata, “Oho! Ini salah satunya lebih besar. Sementara yang satunya lebih kecil.”

Monyet itu memakan kue yang lebih besar dan sekarang mengatakan, “Oh! Ini malah jadi kecil sekarang.” Monyet itu pun memakan bagian kue yang lain. Begitu seterusnya, ia memakan sedikit bagian ke bagian yang lain, hingga akhirnya kue itu pun habis.

Kedua kucing itu pun kecewa.

Ketika kita bertengkar, maka orang lain akan mengambil keuntungan.