Find Us On Social Media :

Evaluasi Kinerja

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 31 Agustus 2014 | 21:00 WIB

Evaluasi Kinerja

Intisari-Online.com – Setelah kinerja yang buruk dalam tahun berjalan, dewan direksi perusahaan menugaskan seorang manajer senior untuk menyelidiki apa yang terjadi di pabrik. Direksi percaya produktivitas yang kurang menjadi akar masalah. Sambil berjalan di sekitar pabrik, manajer penyelidik tiba di sebuah gudang besar. Saat itu di tempat itu seorang pria berdiri di samping pilar.

Manajer memperkenalkan dirinya sebagai orang yang menyelidiki kinerja di pabrik, yang sudah ditunjuk oleh dewan direksi perusahaan, lalu meminta orang di pilar itu untuk mengatakan apa yang dilakukannya.

“Ini pekerjaan saya,” jawab orang itu, “saya diberitahu untuk berdiri di pilar ini.”

Manajer mengucapkan terima kasih pada orang itu atas kerjasama dan mendorongnya untuk terus bekerja dengan baik. Manajer itu selanjutnya masuk ke area pengemasan, ia pun melihat pria lain berdiri di samping pilar. Manajer itu memperkenalkan dirinya dan menanyakan apa yang dilakukan oleh pria itu.

“Saya telah diberitahu agar berdiri di samping pilar ini, jadi itulah yang saya lakukan,” kata pria itu.

Dua minggu kemudian manajer penyidik menyelesaikan laporannya dan telah mempresentasikan temuannya kepada dewan direksi, yang kemudian mengadakan pertemuan singkat untuk memutuskan tindakan perbaikan. Dewan direksi memanggil manajer penyidik kembali ke dalam ruangan, mengucapkan terima kasih atas pekerjaannya, dan kemudian menyuruhnya untuk memecat salah satu orang yang ia temui berdiri di samping pilar, karena jelas ini adalah pekerjaan ganda.