Find Us On Social Media :

Kisah Pedagang Perhiasan

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 17 Februari 2015 | 20:30 WIB

Kisah Pedagang Perhiasan

Intisari-Online.com – Dua pedagang permata tiba di sebuah gurun pada waktu yang sama. Masing-masing cukup sadar akan kehadiran yang lain. Sementara membongkar muatannya, salah satu dari mereka sepertinya sengaja menjatuhkan mutiara besar ke tanah. Menggelinding ke arah pedagang yang lain, ia mengambilnya dan mengembalikannya kepada pemiliknya dengan mengatakan, “Itu adalah mutiara yang terbaik milik Anda, Pak. Karena besar dan berkilau ketika terlihat.”

“Bagaimana Anda bisa berkata begitu,” kata pedagang yang lain. “Faktanya, itu merupakan salah satu permata yang paling kecil dalam koleksi saya.”

Seorang Badui yang sedang duduk di depan api dan mengamati mereka, bangkit dan mengundang mereka berdua untuk makan bersamanya. Ketika mereka mulai makan, inilah cerita yang diceritakannya kepada meraka, “

“Aku juga, teman-temanku, sekali waktu, aku adalah pedagang perhiasan seperti kalian. Suatu hari aku diterjang oleh badai besar di padang pasir. Ini menerjangku hingga aku dipisahkan dari rombongan dan aku tersesat.

Hari-hari berlalu dan aku panik menyadari bahwa aku benar-benar berkeliaran dalam pertarungan di daerah tanpa aku tahu di mana aku berada atau arah ke mana aku harus berjalan. Kemudian, hampir mati kelaparan, aku menurunkan setiap tas dari punggung unta, cemas mencari melalui mereka untuk keseratus kalinya.

Bayangkan kegembiraanku ketika aku menemukan sebuah kantong yang lolos dari pengamatanku sebelumnya. Dengan gemetar, jemariku merobeknya dan berharap menemukan sesuatu untuk dimakan. Bayangkan kekecewaanku ketika aku menemukan bahwa semua itu berisi mutiara!”

Apa yang lebih penting dari makanan yang diharapkan oleh seseorang yang sedang kelaparan? Bahkan perhiasan pun tidak ada gunanya.