Find Us On Social Media :

Kisah Seorang Istri yang Tak Menyerah untuk Membangunkan Suaminya dari Koma

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 7 April 2015 | 20:30 WIB

Kisah Seorang Istri yang Tak Menyerah untuk Membangunkan Suaminya dari Koma

Intisari-Online.com – Danielle Josey Davis baru saja menikah tujuh bulan ketika kecelakaan sepeda motor mengerikan membuat suaminya tergantung pada peralatan kesehatan karena dalam keadaan koma.

Dokter menyarankan untuk membiarkan Matt Davis meninggal, karena ada kemungkinan 90 persen ia tidak akan bangun lagi. Tapi, Danielle mengatakan kepada ABC News bahwa ia merasa itu belum waktunya. Hingga suatu hari, Matt pun terbangun.

“Saya yakin saya senang menikahnya,” kata Matt Davis kepada ABC News, meskipun ia tidak ingat Danielle sebelum kecelakaan yang menyebabkan cedera otak.

Danielle, 24, ketika kecelakaan itu terjadi, berkencan dengan Matt, 23, dua bulan sebelum pernikahan mereka.

Ayah Matt telah meninggal dua tahun sebelum kecelakaan, dan ibunya terlalu sakit untuk merawatnya, kata Danielle. Tapi Danielle membuat keputusan  untuk membuat Matt tetap dengan bantuan peralatan agar hidup dan akhirnya berjuang untuk membawanya ke rehabilitasi, hingga membawanya lagi pulang ke rumah ibunya.

“Jika kita harus membawanya pulang, kita memastikan bahwa ia memiliki pandangan yang terbaik di dunia,” kata Danielle. Ia pernah mengatakan kepada ibunya, “Jika ia menjadi mayat di tempat tidur, mari kita memberinya sesuatu untuk dilihatnya.”

Segera, Matt mulai mengikuti mereka dengan matanya, dan ia mulai berkomunikasi, jelas Danielle. Tiga bulan setelah kecelakaan itu, Danielle memegang Matt di tempat tidurnya mencoba meniru apa yang telah dilakukan para terapis di pusat rehabilitasi dengan memintanya menjangkau dan mengambil motor mainan. Ia tidak pernah melakukan ini sebelumnya, tapi hari itu, ia melakukannya, ingat Danielle. Itulah awal dari kesembuhan Matt.

Saat Danielle benar-benar merasa bahwa kepribadian suaminya masih utuh adalah ketika mereka bertanya apa yang ingin dimakannya, dan Matt menjawab dengan bisikan nyaris tak terdengar. “Aku bukan anakmu, katanya, ‘kerbau ayam bungkus dari Cheddar’,” katanya, menjelaskan bahwa itu makanan favoritnya. “Kita semua seperti dicambuk karena kita semua tahu apa yang dikatakannya.”

Mereka akhirnya membawa Matt untuk program rehabilitasi lain selama dua setengah bulan. Dan ia bergerak dengan menggunakan walker.

Beberapa waktu Matt pun mendapatkan kembali rasa humor dan memori jangka panjangnya, tetapi ia tidak ingat kencan atau menikahi Danielle. Dan ia berkenalan lagi untuk mengetahuinya. Danielle menyebut suaminya dengan “Mattie” atau “cake”, dan Matt menyebut istrinya dengan “baby” atau “donat”.