Find Us On Social Media :

Gadis Ini Membeku Ketika Terjebak di Luar dengan Suhu di Bawah Nol Derajat

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 22 April 2015 | 20:10 WIB

Gadis Ini Membeku Ketika Terjebak di Luar dengan Suhu di Bawah Nol Derajat

Intisari-Online.com – Gadis sembilan belas tahun, Jean Hilliard, membeku padat ketika ia mencoba berjalan melalui musim dingin yang berangin di Lengby, Minnesota pada tanggal 20 Desember 1980. Ini terjadi setelah mobilnya mogok dan membuatnya terdampar.

Ia turun dari mobilnya lalu berjalan menuju ke rumah temannya yang ia tahu berada tak jauh dari tempatnya terdampar. Ternyata, ia harus berjalan lebih jauh dari  yang dipikirnya, dan akhirnya ia pingsan tak jauh dari pintu depan rumah temannya itu. Ia ditemukan setelah berada di luar selama 6 jam dan dibawa ke rumah sakit setempat.

Tidak ada harapan hidup dengan kondisi sedemikian, tapi 49 hari kemudian, gadis itu berjalan keluar dari rumah sakit, hidup dan sehat. Semua laporan tertulis mengatakan ia berjalan pergi dengan baik-baik saja, meskipun tidak ada informasi apapun pada dirinya setelah meninggalkan rumah sakit.

Meskipun gadis itu selamat dari insiden berbahaya ini, kemungkinan orang lain yang keluar pada kondisi yang sama belum tentu. Kita harus pintar mempersiapkan diri dengan suhu di bawah nol derajat, apalagi bila kita terdampat di dalam mobil. Hal pertama yang harus diingat adalah untuk tetap tinggal di tempat. Jean meninggalkan mobilnya karena ia berpikir bisa ke rumah temannya yang ia tahu berada di dekat situ, namun masih juga tidak berhasil. Jika kita dapat menjalankan kembali mobil itu, baik untuk menyalakan mesinnya selama sekitar sepuluh menit, sehingga suhu agak hangat, sehingga kita bisa menggunakan seluruh tenaga untuk membuat suhu lebih panas dan kita bertahan selama bisa.

Jika mobil benar-benar mati, pastikan kita memiliki peralatan darurat untuk bertahan hidup. Ini sangat penting bila kita tinggal di empat musim dan selama musim dingin. Beberapa hal yang harus diingat untuk disertakan adalah: selimut, senter (dengan baterai), makanan, air, lilin, kotak P3K, dan suar (dan/atau bandana merah). Selimut, pakaian, dan lilin tambahan, semuanya memberikan panas tambahan bagi tubuh kita. Kita pun mungkin juga membutuhkan makanan dan air tergantung berapa lama kita terdampar. Suar, senter, dan bandana yang besar dapat memberikan tanda bagi orang lain yang mencari lokasi kita, sehingga kita bisa ditemukan. Yang bisa kita lakukan saat itu adalah duduk diam dan mencoba untuk tetap hangat dan hidup.

Kita bisa saja tidak terlalu siap selama musim dingin. Suhu bisa cukup dingin, terutama pada malam hari. Dan jika kita terdampar maka kita perlu tahu apa yang harus dilakukan untuk tetap hangat sampai bantuan tiba. Hipotermia dan radang dingin bisa menyelinap dengan cepat dan keduanya sangat berbahaya. Tidak hanya kehilangan beberapa jari, tetapi kita juga bisa kehilangan seluruh anggota tubuh. Pastikan untuk memeriksa panduan praktis ini sebelum melakukan perjalanan malam berikutnya di musim dingin.

Mari kita saksikan video untuk mempelajari lebih lanjut tentang malam mengerikan saat Jean keluar dalam suhu di bawah nol derajat celcius.