Find Us On Social Media :

Pujian Bisa Mengubah Seseorang

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 5 Mei 2015 | 20:20 WIB

Pujian Bisa Mengubah Seseorang

Intisari-Online.com – Ada sebuah keluarga yang baru saja pindah rumah. Pak Han sebagai warga baru mengunjungi tetangganya untuk memperkenalkan diri. Keluarga Ben dan keluarga Zu sama-sama menerima Pak Han dengan baik.

Beberapa hari berlalu, Pak Han merasakan bahwa kedua tetangganya itu tak pernah saling bertegur-sapa. Hingga suatu hari Pak Zu bercerita dan memberi saran kepada Pak Han untuk bisa menasihati keluarga Ben. Pak Han pun mengangguk pertanda setuju.

Pada hari berikutnya, Pak Zu berpapasan dengan keluarga Ben. Pak Zu terkejut ketika mendapati keluarga Ben begitu ramah kepadanya.

Pak Zu pun bertanya kepada Pak Han, “Nasihatmu kepada keluarga Ben begitu manjur. Apa saja yang telah kau katakan?”

“Aku hanya memuji dan mengatakan bahwa Anda begitu mengagumi keluarga Ben dan secara diam-diam juga Anda menyukai keluarganya,” jawab Pak Han.

Ternyata sebuah pujian bisa mengubah karakter seseorang. Sebuah pujian dan perkataan yang baik bisa mendamaikan orang-orang di sekitar kita. Jika kita bisa  berkata yang baik, mengapa harus berkata buruk? Mari kita menjadi pendamai dan menjadi berkat di mana pun kita berada. (SD)