Find Us On Social Media :

Rahasia 60 Tahun Pernikahan

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 10 Juni 2015 | 20:00 WIB

Rahasia 60 Tahun Pernikahan

Intisari-Online.com – Alkisah, seorang pria dan wanita yang telah menikah selama lebih dari 60 tahun. Mereka saling berbagi segalanya. Mereka berbicara tentang segala sesuatu. Mereka tidak pernah merahasiakan satu sama lain, kecuali bahwa wanita tua itu memiliki satu kotak sepatu di atas lemari. Wanita tua itu selalu  mengingatkan suaminya untuk tidak pernah membuka atau menanyakan tentang itu.

Untuk semua tahun yang telah berlalu, sang suami tidak pernah berpikir tentang kotak itu. Tapi, suatu hari wanita tua itu sedikit merasa sangat sakit dan dokter mengatakan bahwa ia tidak akan sembuh. Sambil mencoba memilah urusan mereka, pria tua itu sedikit menurunkan kotak sepatu dan membawanya ke samping tempat tidur istrinya. Wanita itu menyetujui bahwa saat itu sang suami harus tahu apa yang ada di dalam kotak itu. Ketika pria tua itu membukanya, ia menemukan dua buah rajutan serbet dan setumpuk uang sebesar 25 ribu dolar.

“Ketika kita menikah,” kata wanita tua itu  menjelaskan isi kotak, “nenekku bilang, rahasia pernikahan yang bahagia adalah tidak pernah bertengkar. Ia mengatakan kepadaku jika aku pernah marah kepadamu, aku harus tetap tenang dan merenda taplak.”

Pria tua itu begitu tersentuh, ia harus berjuang menahan air matanya. Hanya ada dua buah rajutan serbet berada di dalam kotak Berarti wanita tua itu hanya marah dengannya dua kali dalam bertahun-tahun hidupnya. Pria tua itu hampir meledak dengan kebahagiaan.

“Sayang,” kata pria tua itu, “itu tentang rajutan serbet, tapi bagaimana dengan semua uang ini? Dari mana asalnya?”

“Oh,” kata sang istri, “itu uang hasil saya menjual rajutan serbet yang saya buat.”