Find Us On Social Media :

Mana yang Lebih Penting Kecantikan Luar atau Dalam?

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 3 Juli 2015 | 19:50 WIB

Mana yang Lebih Penting Kecantikan Luar atau Dalam?

Intisari-Online.com – Seorang siswa bertanya kepada guru yang bijaksana, apa yang lebih penting bagi seseorang; apakah kecantikan luar atau dalam?

Menanggapi pertanyaan muridnya, guru itu bertanya pada sang murid, “Katakan padaku, jika Anda   perlu membeli rumah, tetapi Anda hanya punya cukup uang untuk sebuah rumah yang terlihat indah tapi rumah nyaman, atau rumah sederhana, tapi hangat dan dapat diandalkan. Mana yang akan Anda  pilih?”

“Saya lebih suka memilih terlihat sederhana, tapi nyaman di dalam rumah,” kata sang murid.

“Tapi bagaimana jika orang yang sia-sia itu membeli sebuah rumah, bangga dengan posisinya, tetapi tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk membeli sebuah rumah yang indah dan nyaman?” tanya guru lagi.

“Tentunya, ia akan lebih memilih rumah yang terlihat cantik dari luarnya,” jawab murid itu.

“Saya pikir Anda benar,” kata guru dan menambahkan, “tapi terlepas dari pilihan Anda, masing-masing dari Anda akan mengerti bahwa Anda kehilangan kecantikan atau kenyamanan dan akan mencari untuk itu.”

“Jadi itu berarti bahwa kecantikan luar dan dalam pada dasarnya setara dan berharga hanya dalam sebuah harmoni?” tanya sang murid.

“Anda dapat mengatakan demikian,” jawab guru sambil tersenyum, “tapi saya pikir terutama ketika memiliki setengah, Anda selalu perlu untuk mencari keseluruhan, tidak kehilangan apa yang sudah Anda miliki. Karena setengah akan selalu hanya setengah, meskipun betapa besarnya itu.”