Find Us On Social Media :

Berpikir Sebelum Bertindak

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 10 Juli 2015 | 19:15 WIB

Berpikir Sebelum Bertindak

Intisari-Online.com – Kita memiliki tugas. Secara tradisional, itu sedikit rutin. Tetapi tugas-tugas rutin sebenarnya bisa dilakukan secara efektif. Tidak menyebutkan yang lebih sulit. Kita hanya harus berpikir sebelum melakukannya. Bahkan jika kita tahu langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas, yaitu berpikir. Semua solusi sederhana untuk mencapai tujuan kita tidak efektif dengan seperangkat keterampilan dan bakat yang kita miliki.

Mari, kita pikirkan bagaimana kita bisa menyelesaikan tugas dengan lebih efektif, dengan menggunakan keterampilan, bakat, dan pengetahuan kita.

Sekali setahun orang Indian Amerika melakukan parut untuk menggiling makanan. Mereka melakukannya dari kayu, menusuk potongan-potongan logam ke dalamnya. Dan cara mereka melubangi itu, akhirnya memproduksi ornamen paling indah! Mereka  menunjukkan satu sama lain, untuk melihat siapa yang membuat ornamen yang lebih baik. Kemudian mereka melukis di atasnya, menempatkan potongan terakhir dari logam ke dalam ruang kosong.

Indian Amerika memiliki metode lain untuk menyingkirkan pekerjaan rutin mereka. Dibutuhkan waktu yang lama untuk satu orang menutupi atap baru di rumah kita dengan daun kelapa. Tapi bukannya  melakukan itu, mereka memasak makanan, membuat kue, dan anggur. Dan kemudian mereka mengundang seluruh desa untuk menutupi atap rumah mereka. Itu dikerjakan layaknya sebuah pesta.

Jangan takut untuk bereksperimen dan menciptakan solusi yang efektif sebelum melakukan sebuah tugas.