Find Us On Social Media :

Kisah Ikan Pelangi; Berbagi Membuahkan Kebahagiaan

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 25 Juli 2015 | 19:30 WIB

Kisah Ikan Pelangi; Berbagi Membuahkan Kebahagiaan

Intisari-Online.com – Ikan pelangi adalah ikan yang paling indah di seluruh lautan, karena ia memiliki sisik yang berwarna-warni dan berkilauan. Semua ikan mengaguminya, tapi ikan pelangi jarang bermain bersama mereka.

Pada suatu hari, seekor ikan biru kecil bertanya kepada Ikan Pelangi jika ia mungkin memiliki salah satu sisik mengkilapnya. Ikan pelangi merasa kesal dan berteriak memaki-maki pada ikan biru kecil. Kejadian itu segera saja menyebar ke laut, hingga akhirnya tidak ada yang mau memberi perhatian kepada Ikan Pelangi.

Tanpa ada yang mengaguminya, Ikan Pelangi merasa sedih, sehingga ia mencari nasihat dari gurita yang bijaksana. Gurita yang bijaksana itu menyarankan agar Ikan Pelagi untuk berbagi sisik mengkilap dengan ikan lainnya. Gurita itu mengingatkan bahwa ia tidak akan lagi menjadi ikan yang paling indah di laut, tetapi ia akan bahagia. Sebenarnya, Ikan Pelangi meragukan nasihat tersebut.

Tapi ketika ikan biru kecil itu kembali dan menanyakan untuk apa timbangan yang dibawanya, Ikan Pelangi nampak ragu-ragu mengambil salah satu sisiknya yang terkecil dan memberikannya kepada ikan biru kecil itu. Perasaan baru dan aneh datang kepadanya. Segera, ikan lain muncul, dan satu demi satu Ikan Pelangi menyerahkan sisik mengkilapnya, hingga ia dikelilingi oleh ikan yang berkilauan yang telah diberikannya sisik mengkilapnya.

Akhirnya Ikan Pelangi hanya memiliki satu sisi kiri sisiknya yang bersinar. Miliknya yang paling berharga telah diberikan, namun ia sangat senang.

“Ayo, Ikan Pelangi,” kata ikan-ikan itu. “Datang dan bermainlah bersama kami!”

“Ya, saya datang,” kata Ikan Pelangi. Dengan bahagia yang terpancar di wajahnya, ia berenang bersama dengan ikan-ikan yang lain.