Find Us On Social Media :

Belajar Untuk Lebih Dulu Untuk Memaafkan

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 24 Juni 2017 | 15:00 WIB

Belajar Memaafkan

Intisari-Online.com – Derli adalah seorang anak yang sangat manis, selalu bersemangat dan menyenangkan. Ia berusia tiga tahun dan benar-benar memuja sepupunya yang umurnya sedikit lebih tua.

Baru-baru ini keduanya bermain bersama dan pergi ke kamar tidur masing-masing. Tiba-tiba, Derli keluar dari kamar dalam keadaan marah, katanya “Jojo menampar wajahku.” Terlihat pipinya sedikit merah, dan wajahnya pucat.

Jojo mengikutinya, lalu mengatakan, “Saya tidak melakukan apa-apa. Derli memukul saya dengan kepalanya dan saya tahu ia melakukannya dengan sengaja.”

Saya mencintai kedua gadis kecil itu, tapi aku tahu Derli tidak melakukannya dengan sengaja. Karena terpental saat bersenang-senang, rupanya kepalanya membentur hidung Jojo. Rasa sakit yang tiba-tiba membuat Jojo kehilangan kendali dan aku tahu ia telah menamparnya tanpa berpikir.

Kami telah berbicara tentang hal itu dan akhirnya Jojo mengaku bahwa ia telah menampar pipi Derli.  Saya memintanya untuk meminta maaf kepada Derli karena tangannya telah menampar pipinya. Jojo menolak, katanya, “Tidak. Saya tidak melakukan apapun.”

Akhirnya Deli berkata, “Jojo, aku minta maaf pipiku kena tamparanmu.” Sekarang ada yang meminta maaf. Saya belum pernah melihat siapapun memaafkan dengan lebih baik.