Find Us On Social Media :

Hidup Bagaikan Sebuah Perjalanan Kereta Api

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 5 Agustus 2015 | 19:00 WIB

Hidup Bagaikan Sebuah Perjalanan Kereta Api

Intisari-Online.com – Hidup ini seperti sebuah perjalanan kereta api. Lengkap dengan stasiun-stasiun yang dilalui, dengan perubahan-perubahan rute dan kecelakaan-kecelakaan yang bisa terjadi.

Saat lahir, kita seperti naik kereta api dan bertemu dengan orangtua kita. Saat itu kita yakin bahwa mereka akan selamanya bersama kita. Tapi di suatu stasiun ternyata mereka turun dan meninggalkan kita di perjalanan selanjutnya.

Dengan cara yang sama, orang lain akan naik dalam kereta api kita. Bisa saja mereka akan menjadi penumpang yang berarti bagi hidup kita. Mereka adalah pasangan, anak-anak, keponakan, cucu, saudara, atau teman-teman kita.

Kemudian satu demi satu penumpang akan turun dan meninggalkan kekosongan yang begitu dalam bagi kita. Bahkan ada juga penumpang yang harus turun begitu tiba-tiba, tanpa kita tahu. Di saat menyadarinya, ternyata kursi mereka telah kosong.

Perjalanan dalam kereta api pun penuh dengan sukacita, dukacita, imajinasi, harapan, dan juga diwarani dengan ucapan selamat tinggal dan perpisahan.

Sukses kita terletak pada bagaimana kita menjalin hubungan yang baik dengan semua ‘penumpang’. Misteri terbesar bagi setiap penumpang adalah kita tidak pernah tahu di stasiun mana kita akan turun.

Oleh sebab itulah, maka kita haruslah menjadi ‘penumpang’ yang baik, dengan cara mengasihi, memaafkan, dan memberi yang terbaik pada penumpang yang lain.

Ketika tiba saatnya bagi kita untuk turun dan meninggalkan kursi kita, sedapat mungkin kita meninggalkan kenangan-kenangan indah bagi mereka yang akan terus melanjutkan perjalanannya. Seraya berterima kasih kepada teman-teman, karena telah menjadi salah satu penumpang dalam kereta api “kehidupan kita”.

Mari kita mengusahakan agar perjalanan kita dalam kereta api semakin baik setiap harinya. (SD)