Find Us On Social Media :

Manusia itu Ibarat Tuan, Sais, dan Kereta Kuda

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 11 Agustus 2015 | 19:15 WIB

Manusia itu Ibarat Tuan, Sais, dan Kereta Kuda

Intisari-Online.com – Manusia adalah makhluk yang kompleks, yang terdiri dari empat bagian yang dapat dihubungkan atau tidak berhubungan, atau buruk hubungannya. Kereta terhubung dengan kuda oleh poros, kuda itu terhubung dengan sais oleh tali kekang, dan pengemudi terhubung dengan tuannya oleh suara tuannya.

Tapi sais harus mendengar dan memahami suara tuannya. Ia haru tahu cara mengendarai dan kuda harus dilatih untuk mematuhi kendali. Seperti hubungan antara kuda dan kereta, kuda harus dimanfaatkan dengan baik.

Jadi ada tiga hubungan antara empat bagian dari hubungan yang kompleks ini. Jika ada sesuatu yang kurang pada salah satu hubungan, maka mereka tidak dapat bertindak sebagai satu kesatuan. Oleh karena hubungan itu tidak memungkinkan yang lebih penting dari yang tubuh yang sebenarnya. Manusia bekerja secara bersamaan pada “tubuh” dan pada “hubungan”. Tapi itu adalah pekerjaan yang berbeda.

Bekerja pada diri sendiri harus dimulai dengan sais. Sais adalah pikiran. Agar dapat mendengar suara tuannya, sopir tidak boleh  tidur, ya, ia harus melek. Ini mungkin membuktikan bahwa tuan berbicara bahasa yang tidak dimengerti oleh sopir. Sopir harus belajar bahasa tersebut. Ketika ia telah  belajar, maka ia akan memahami tuannya.

Tapi ia juga harus belajar untuk mengendalikan kuda, memanfaatkan itu untuk kereta, memberi makan, dan menjaga agar kereta tersebut layak digunakan oleh tuannya. Tuan memberitahu ia untuk pergi dari situ. Tapi ia tidak bisa bergerak, karena kuda belum diberi makan, tidak dimanfaatkan, dan ia tidak tahu kendali yang mana.

Kuda itu adalah emosi kita. Sementara kereta adalah tubuh. Pikiran harus belajar untuk mengendalikan emosi. Emosi selalu menarik tubuh setelah itu. Ini adalah urutan yang bekerja pada diri sendiri untuk dilanjutkan. Tapi, amati lagi bahwa bekerja pada ‘tubuh’, yaitu, sais, kuda, dan kereta, adalah satu hal. Dan bekerja pada ‘hubungan’, yaitu pemahaman pada pengemudi, yang menyatukan dirinya kepada tuannya. Pada ‘kendali’, yang menghubungkan ia dengan kuda, dan pada ‘poros’ dan ‘pelana’, yang menghubungkan kuda dengan kereta.