Find Us On Social Media :

Hidup dengan Cara Sederhana

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 21 Agustus 2015 | 19:30 WIB

Hidup dengan Cara Sederhana

Intisari-Online.com – Begitu banyak orang berpikir bahwa kebahagiaan itu luar biasa. Banyak orang muda percaya bahwa kebahagiaan itu bila berhasil mendapatkan hal-hal yang tidak dimiliki, dan hanya sedikit orang yang bisa memilikinya. Mungkin seperti pekerjaan, ketenaran, kehormatan, atau uang.

Namun, ketika mereka berhasil mencapai semua yang mereka inginkan, mereka biasanya menemukan dirinya kosong dan menyedihkan, bahkan lebih daripada sebelumnya. Dan kemudian mereka mulai mencari hal-hal yang baru, dan ini berlangsung sepanjang hidup mereka.

Hanya sedikit yang bisa keluar dari perangkap dan menyadari bahwa kebahagiaan tidak berada di tempat yang jauh dari kita untuk dicari dan ditemukan, tetapi berada dalam diri kita sendiri dan lingkungan dekat kita. Kita hanya perlu melihat lebih dekat.

Untuk menjadi bahagia itu menjadi biasa dan sederhana. Tidak untuk memiliki lebih banyak, tetapi untuk menikmati yang sudah dimiliki.

Pria dan wanita yang bijaksana memiliki untuk hidup sederhana. Mereka hanya hidup di saat sekarang, menikmati hidup, menghargai yang baik dan buruk. Begitu penuh sukacita dengan menghargai hal-hal sederhana bahkan saat sedang kesulitan, mampu fokus pada apa yang benar-benar penting bagi mereka, tanpa dipengaruhi oleh kedangkalan.

Kisah Zen ini menggambarkan cara hidup.

Seorang guru Zen tinggal secara sederhana di sebuah pondok kecil di kaki gunung. Suatu malam pencuri mengunjungi pondoknya, namun menemukan tidak ada yang bisa dicurinya.

Guru Zen itu menangkapnya dan berkata, “Anda mungkin telah datang dari jauh untuk mengunjungi saya. Dan Anda tidak harus pulang dengan tangan kosong. Silakan mengambil pakaian saya sebagai hadiah.”

Pencuri itu bingun, lalu ia mengambil pakaian dan menyelinap pergi. Sementara, guru Zen itu telanjang dan memperhatikan bulan di luar. “Sesama miskin,” pikirnya. “Aku berharap bisa memberinya bulan yang indah ini.”

Semakin kita mempersulit dalam kehidupan kita, kita akan menjadi semakin bingung. Dan dalam keadaan bingung, kita dapat mengambil tindakan tanpa memahami apa konsekuensi yang mungkin dalam hidup kita.

Menjadi sederhana di dunia, di mana semua orang berusaha untuk menjadi luar biasa, benar-benar luar biasa. (theunboundedspirit)