Find Us On Social Media :

Menyaksikan Dua Hewan dari The Big Five

By Agus Surono, Sabtu, 13 Juli 2013 | 08:00 WIB

Menyaksikan Dua Hewan dari The Big Five

Intisari-Online.com - Tiga satwa The Big Five sudah saya saksikan di game drive pertama dan kedua (baca di edisi Majalah Intisari Agustus 2013). Satwa keempat adalah African Buffalo atau banteng raksasa. Banteng afrika ini selalu ada dalam kelompok besar yang jumlahnya bisa mencapai ratusan. Maka kendaraan kami pun mencoba untuk melihat namun diusahakan tidak terlalu dekat .

Satwa terakhir The Big Five adalah macan tutul yang terkenal dengan keindahan kulitnya. Macan tutul selalu bersembunyi di atas pohon dan biasanya menyerang mangsanya dengan lompatan yang mendadak. Sewaktu sedang asyik berkendara untuk mencari macan tutul, kami melihat ratusan jerapah dan hewan-hewan berlarian. Rupanya mereka sedang dikejar macan tutul dan kami bisa menyaksikannya secara alamiah.

Pada game drive pagi itu, kami juga beruntung bisa menyaksikan hewan yang larinya paling cepat di dunia, cheetah. Di bawah sebuah pohon yang tidak berdaun, terlihat sepasang cheetah yang sedang bercengkerama dengan asyik. “Cheetah bisa berlari dengan kecepatan lebih dari 200 km per jam,” ujar Edward.

Kesokan harinya, kami mendapat kesempatan melihat kuda nil. Kuda nil selalu hidup berkelompok di dalam sungai atau danau. Ketika kendaraan mendekati tepi Sungai Talek, sudah terdengar suara kuda nil yang riuh rendah. Kami juga melihat hyena. Hewan ini biasanya menyendiri. Selain hyena, di sebuah pohon, terlihat burung pemakan bangkai atau vulture. Burung ini hanya dapat kami awasi dari kejauhan karena kalau kita coba mendekati pohon tersebut biasanya sang burung akan terbang menjauh. (Taufik Hidayat di Bekasi)