Find Us On Social Media :

Memesan Hotel Secara Online, Amankah?

By J.B. Satrio Nugroho, Kamis, 18 Juli 2013 | 16:00 WIB

Memesan Hotel Secara Online, Amankah?

Intisari-Online.com - Saat ini, banyak situs yang melayani pemesanan hotel di berbagai penjuru dunia secara daring. Yang populer di antaranya AsiaRooms.comHostels.com, dan Hostelworld.com.

Sonson NS, penulis buku panduan berwisata ke beberapa kota di dunia yang juga pehobi wisata, mengungkapkan bahwa pada dasarnya memesan hotel secara daring cukup aman. “Untuk keamanan kartu kredit, jangan lupa mengonfirmasi dengan menghubungi costumer service kartu kredit sebelum dan sesudah melakukan pemesanan daring,” kata Sonson seperti dikutip dari blognya, artsons.wordpress.com.

Kesalahan yang bisa terjadi pada saat pemesanan kamar hotel secara daring adalah salah menuliskan tanggal pemesanan, atau salah memilih jenis kamar (AC/non-AC, single room, dsb). Kalau kita melakukan kesalahan tersebut, segera konfirmasi ke hotel yang bersangkutan. Umumnya hotel memberikan toleransi 1-3 hari sejak pemesanan, sehingga kita punya waktu untuk mengubah pemesanan.

Kalau ingin membatalkan pemesanan, kita harus siap kehilangan uang transaksi pemesanan. Kalau masih ragu, lebih baik pesan dengan uang muka yang sudah ditetapkan hotel.

Kesalahan-kesalahan lain, seperti salah memasukkan jumlah nominal uang, transaksi gagal namun uang terdebet, atau transaksi ganda, kita bisa langsung mengonfirmasikan ke layanan pelanggan kartu kredit kita untuk mengoreksi kesalahan tersebut.

Selain itu, pastikan bahwa ada layanan jemputan dari pihak hotel dari bandara, stasiun, atau terminal terdekat.

Jangan lupa lakukan survei mendalam sebelum memutuskan hotel mana yang akan kita pilih. Periksa peringkat dan ulasan soal hotel tersebut di internet. Pastikan bahwa hotel tersebut mempunyai standar yang sesuai dengan apa yang digambarkan, Jangan sampai, kita tertipu hotel yang fiktif.