Find Us On Social Media :

Pentingnya Asuransi Perjalanan

By Ade Sulaeman, Minggu, 13 Oktober 2013 | 14:00 WIB

Pentingnya Asuransi Perjalanan

Intisari-Online.com - Tujuan berlibur tentu mencari kesenangan. Meski demikian, hal-hal yang tak diinginkan seperti kecelakaan, cuaca buruk yang memaksa transportasi di lokasi wisata tidak bisa beraktivitas, atau bahkan nyawa yang terancama karena terjadi kerusuhan di lokasi wisata, bisa saja terjadi. Dengan alasan inilah asuransi perjalanan diperlukan.

Andry, pemandu wisata sekaligus pemilik Pinus Tour and Travel, memang belum pernah menderita sakit saat melakukan perjalanan, tetapi kliennya pernah.

“Ia terjangkit demam berdarah saat berlibur ke Jepang. Saya sebagai pemandu perjalanan memutuskan membawanya ke rumah sakit setempat. Biaya perawatan dan pengobatan yang dikeluarkan sangat besar, sangat berbeda dibanding di Indonesia. Untung kami menggunakan asuransi perjalanan, sehingga sesampainya di Indonesia, kami bisa mengklaim dan segala biaya diganti utuh,” katanya.

Keuntungan membekali diri asuransi perjalanan, menurut Andry, memberi perlindungan bagi pejalan atas segala biaya dan kerugian tak terduga saat melakukan perjalanan.

Untuk menghindari situasi dan kondisi sebagaimana dialami kliennya, Andry menyarankan pejalan segera mendaftarkan diri ke asuransi perjalanan sebelum melakukan perjalanan, baik untuk urusan bisnis atau wisata.

Berikut ini, beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang asuransi perjalanan.

Hal-hal yang dijamin asuransi perjalanan

Pada dasarnya, semua perusahaan asuransi perjalanan memiliki kebijakan atau company policy yang hampir sama. Hal yang dijamin, antara lain kerugian atau kecelakaan yang Anda alami pada saat berwisata di suatu negara, misalnya santunan kecelakaan diri, sakit, dan biaya medis lainnya.

Hal lainnya yang juga dijamin, yaitu hilangnya biaya tur yang telah Anda bayar sebelumnya akibat risiko pembatalan atau pemendekan durasi perjalanan karena situasi yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan, termasuk santunan biaya akomodasi akibat penundaan jam penerbangan karena masalah teknis dari maskapai bersangkutan, bahkan sampai ketinggalan pesawat terbang, pembajakan pesawat, serta kehilangan, kerusakan, atau tertinggalnya bagasi.

Cara memperoleh asuransi perjalanan

Pastikan biro perjalanan di mana Anda membeli paket perjalanan telah menjalin kerja sama dengan perusahaan asuransi perjalanan. Pastikan juga, paket perjalanan yang Anda bayar telah disertai asuransi perjalanan.

Chartis Indonesia menawarkan paket perjalanan sekaligus asuransi perjalanan. Begitu juga Assistance-card Indonesia telah mengembangkan asuransi perjalanan konvesional.