Find Us On Social Media :

Mengenang Dahsyatnya Perang Aceh

By Agus Surono, Minggu, 10 November 2013 | 16:00 WIB

Mengenang Dahsyatnya Perang Aceh

Intisari-Online.com - Pemakaman Belanda ini menggambarkan Dahsyatnya perang Aceh di tahun 1873-1904. Dimana saat itu ±2200 tentara Belanda tewas dalam pertempuran melawan para pejuang Tanah Aceh kala itu termasuk 4 jenderal Belanda tewas dan dimakamkan disini. Pemakaman ini adalah salah satu pemakaman terluas di dunia. Dan perang ini adalah perang yang akan jadi memori kelam bagi mereka melebihi dahsyat nya perang Napoleon.

Kuburan Kohler merupakan pemakaman terbesar kedua setelah yang pertama ada di Belanda. Tentu Objek Wisata ini menjadi daya tarik bagi wisatawan asing khususnya dari Negara Kincir angin tersebut. Pemerintah kerajaan Belanda juga menghormati warga Banda Aceh yang merawat pemakaman tersebut.

Banyak hal menarik dan nilai historis jika anda mengunjungi Objek wisata Pemakaman Kerkhoff tersebut. Saat memasuki pintu gerbang pemakaman anda akan melihat nama-nama tentara Belanda yang tewas dalam peperangan di tanah Aceh dari tahun 1873-1904. Nama-nama tersebut diukir di kiri dan kanan dinding masuk pemakaman.

Kemudian pertama kali akan terlihat batu nisah Jenderal Kohler yang tewas oleh pejuang Aceh di Halaman mesjid Raya Baiturrahman. Dan banyak lagi batu-batu nisan berjejeran rapi disana. Seolah menceritakan bagaimana dahsyatnya perang kala itu.

Pemakaman Kerkhoff ini tepat berada si belakang Objek wisata Museum Tsunami. Gerbang masuknya berada di samping Museum Tsunami tersebut. Setelah anda mengunjungi Museum Tsunami sebagai Objek Wisata Tsunami bisa dilanjutkan dengan mengunjungi Objek wisata pemakaman Kerkhoff sebagai Objek Wisata Sejarah di Banda Aceh.