Find Us On Social Media :

10 Tempat Ter … di Bumi

By Agus Surono, Kamis, 14 November 2013 | 06:00 WIB

10 Tempat Ter ? di Bumi

Intisari-Online.com - Dalam dunia plesiran ada wisata minat khusus yang menyasar para turis yang ingin mengunjungi tempat-tempat yang tak biasa. Nah, berikut ini Reader's Digest merangkum 10 tempat ter ... di muka Bumi ini. Tempat-tempat berikut bisa dimasukkan ke daftar impian Anda. Siapa tahu suatu saat Anda berkesempatan berkunjung ke sini.

  1. Gunung Thor, Nunavut, Kanada: puncak gunung paling curam.

    Dengan tinggi 5.495 feet (1.1675 m) Gunung Thor tentu bukanlah gunung dengan puncak tertinggi di dunia. Namun gunung ini memiliki puncak tercuram di dunia. Inilah puncak terkenal di Kanada. Sebuah puncak yang terbuat dari granit. Gunung Thor memiliki lereng dengan kecuraman rata-rata 105 derajat.

    Meski lokasinya terpencil, gunung ini menjadi tempat tujuan populer bagi maniak pendaki gunung. Jika mencapai puncak terlalu sulit bagi Anda, silakan berkemah di bawahnya.

  2. Oymyakon, Rusia: pemukiman terdingin.

    Temperatur di sini pernah tercatat sampai -96,16o F (sekitar -71o C) pada tahun 1924. Populasi di kota kecil ini sekitar 500, dan pernah digunakan sekali sebagai tempat pengasingan. Pada musim dingin temperatur rata-rata sekitar 14o C. Secara permanen lapisan tanah membeku sepanjang tahun. Kota ini hanya memiliki satu hotel. Olahraga yang populer di sini ski dan hoki. Pesohor yang pernah mengunjungi tempat ini adalah Burt Reynolds dan Paris Hilton yang datang bersama anjing chihuahua-nya.

  3. Gurun Atacama, Cili: tempat terkering.

    Daerah ini pernah menjadi tempat pengambilan gambar iklan rokok nasional. Menurut lembaga antariksa dan luar angkasa AS (NASA) serta National Geographic lapisan tanah Gurun Atacama di Cili dapat dibandingkan dengan permukaan tanah di Mars. Dari Oktober 1903 hingga Januari 1918, Gurun Atacama kering sama sekali. Tak ada setetes hujan pun turun. Catatan itu menjadikan Atacama sebagai tempat terlama yang tidak menerima kiriman hujan. Jarang dihuni, Gurun Atacama memiliki beberapa hotel yang bisa dipilih turis yang mau mengeksplorasi tempat itu.

  4. Gunung Chimborazo, Ekuador: tempat terdekat ke luar angkasa

    Sebuah gunung berapi yang sudah tidak aktif dengan letusan terakhir sekitar tahun 550, Gunung Chimborazo memiliki ketinggian lebih dari 20.000 kaki (lebih dari 6.000 m). Meski gunung tertinggi di dunia adalah Everest (29.000 kaki atau sekitar 8.800 m), namun karena posisi Gunung Chimborazo yang jauh dari katulistiwa menjadikannya sebagai puncak yang paling dekat dengan luar angkasa yang bisa diinjak orang di Bumi ini. Puncaknya diselimuti glasier dan memiliki banyak jalur pendakian.

  5. Gurun Lut, Iran: tempat terpanas.

    Temperatur di sini bisa mencapai 158 derajat Fahrenheit (70 derajat Celcius). Menurut legenda lokal, arti Lut dalam bahasa Persia berarti “terigu terpanggang” merujuk ke cerita soal sekarung terigu yang meledak setelah secara tak sengaja ditaruh di gurun itu selama beberapa hari. Daerah tujuan wisata ini tentu saja hanya khusus bagi mereka yang mau menantang dirinya sendiri untuk berdiam di iklim yang sangat panas.