Find Us On Social Media :

Pantai Jungwok: Keindahan Tersembunyi Pantai Gunung Kidul

By Agus Surono, Kamis, 5 Desember 2013 | 09:00 WIB

Pantai Jungwok: Keindahan Tersembunyi Pantai Gunung Kidul

Intisari-Online.com - Jungwok? Dahi Anda bisa saja berkernyit saat ditanya lokasi pantai ini. Pun sudah dijelaskan ada di deretan pantai selatan Gunung Kidul. Di deretan ini memang ada banyak pantai. Dulunya terkenal trio Baron - Kukup - Krakal. Lalu bermunculanlah pantai-pantai indah lainnya. Ada Drini, Indrayani, Ngobaran, sampai Wediombo.

Pantai Jungwok memang masih belum masuk radar daftar wisata pantai selatan Gunung Kidul. Lokasinya yang masih susah dijangkau menjadi penyebabnya. Ya, pantai ini sebenarnya berlokasi tak jauh dari Pantai Wediombo. Namun belum ada jalan kendaraan ke sana. Perlu jalan kaki sepanjang sekitar 1 km.

Padahal, pantai ini memiliki panorama yang sangat indah dan luas. Ada pasir putih dan perairan yang dangkal. Selain biota laut dan alga yang menghiasi pantai ini, apabila beruntung kita bisa menjumpai burung elang laut di sini.

Untuk mencapai pantai ini, dari Pantai Wediombo berjalanlah ke arah selatan. Akan kita temui jalan setapak kecil yang agak becek. Jika tidak bisa menemukan jalan setapak ini, silahkan bertanya kepada penduduk sekitar, Atau para pemancing yang dijumpai di situ.

Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan sawah dan kebun yang hijau. Jika jalan santai, dalam waktu kurang dari satu jam kita tiba di lokasi.

Biasanya, mereka yang membawa kendaraan akan parkir di areal parkir Pantai Wediombo. Dari tempat parkir ini tanya saja arah ke Pantai Jungwok.

Satu hal yang cukup mencolok di Pantai Jungwok adalah adanya sebuah batu besar di tengah laut. Batu ini telah menjadi semacam ikon pantai ini. Batu besar ini dikenal dengan sebutan Watu Topi. Batu ini sering digunakan oleh warga sekitar maupun para pengunjung sebagai tempat memancing.

Sebaiknya kita berkunjung ke Pantai Jungwok saat cuaca cerah. Jika sedang hujan, jalan setapak yang harus kita lalui menjadi licin dan berbahaya. Selain juga tak bisa menikmati keindahan pantai yang terpencil ini. Belum ada tempat untuk berteduh di sini sehingga siap-siap membawa payung atau tenda. (pasirpantai.com)