Find Us On Social Media :

Mengisi Kembali Baterai Jiwa di Vila Botani

By Agus Surono, Sabtu, 7 Desember 2013 | 17:00 WIB

Mengisi Kembali Baterai Jiwa di Vila Botani

Intisari-Online.com - Vila Botani merupakan kawasan wisata Alam nan sejuk di kaki Gunung Salak. Kawasan yang berada pada ketinggian 700 m dpl ini dikembangkan sejak 2005 di atas lahan seluas 5 hektar. Letaknya di atas Kampung Tajur Halang Pojok, Desa Tajur Halang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Di salah satu tempat bernama Awas Paningal, kita dapat melihat Kota Bogor dan Kebun Rayanya di sebelah kiri serta kawasan Puncak Pass dan peternakan Tapos di sebelah kanan. Juga G. Pangrango di belakang peternakan.Pengunjung juga dapat mengamati 2 puncak Gunung Salak dari titik yang paling bawah dan paling atas di Vila Botani. Puncak pertama terletak di kejauhan sedangkan puncak kedua (Bitung Lega) – posisinya lebih rendah -  terletak di depannya. Kedua puncak dipisahkan oleh sebuah jurang yang ber­nama Legok Kondang,  yang terkadang diselimuti awan tipis seperti kain putih yang digan­tung antara dua puncaknya.

Banyak hal bisa dilakukan di Vila Botani. Dari sekadar jalan-jalan ke hutan pinus sampai belajar bertanam ala organik. Vila ini berbatasan dengan hutan pinus kawasan Gunung Salak. Jika ingin bermain air ada air terjun atau curug. Ada tiga air terjun di dekat Vila Botani dengan tingkat ketinggian yang berbeda-beda. Air terjun yang letaknya paling jauh adalah yang paling tertinggi sedangkan yang terletak  tidak jauh dari vila adalah yang terendah. Air mengalir di antara bebatuan menjadi lokasi yang menarik untuk anak-anak.

Penggemar sepeda bisa menyalurkan hobinya di sini. Setiap akhir pekan sering terlihat sekelompok orang pesepeda dari Bogor maupun Jakarta berkumpul di bawah pohon di depan patung Garuda, tidak jauh dari Vila Botani. Tujuan awalnya adalah kebun teh. Dari situ bisa ke beberapa tempat - naik ke atas melewati kebun teh menuju hutan, melewati Vila Botani, Kebun Organi, kebun masyarakat dan berakhir di perkemahan. Bisa juga dari kebun teh turun ke kampung. Masih banyak lagi trek yang bisa dijajal.

Kalaupun hanya sekadar kumpul-kumpul ada aula. Bisa dijadikan sebagai tempat pertemuan sekaligus tempat untuk tidur. Jika ingin bertenda ada beberapa tempat yang disediakan. Hanya saja tenda harus membawa sendiri. Dari tenda di malam hari bisa melihat taburan bintang kala cuaca cerah.

Vila Botani berjarak hanya 14 km dari Terminal Bis Baranang­siang, kota Bogor. Untuk keterangan lengkap silakan kunjungi situs Vila Botani atau hubungi nomor-nomor berikut: Jai 0251-9790811 atau 0888-1016075, Oting 0812-88374348, atau Min 0251-8333745.