Find Us On Social Media :

Pagoda Terbesar di Indonesia Ada di Taman Alam Lumbini

By Agus Surono, Rabu, 8 Januari 2014 | 11:00 WIB

Pagoda Terbesar di Indonesia Ada di Taman Alam Lumbini

Intisari-Online.com - Bangunan ini belum sepopuler Candi Borobudur, Candi Prambanan, atau Garuda Wisnu Kencana di Bali. Namun bangunan pagoda ini mencatatkan rekornya di MURI sebagai replika Pagoda Shwedagon telah ada sejak 2.600 tahun silam, membuatnya sebagai pagoda tertua di Myanmar dan dunia.

"Biasanya setiap hari libur, pengunjung selalu memadati replika Pagoda tertinggi di Indonesia yang berjarak sekitar 55 kilometer dari kota Medan tersebut," kata Jhoni, Staf Pengelola Taman Alam Lumbini di Tongkoh, Selasa seperti dikutip Antara.

Pagoda Taman Alam Lumbini ini dapat dicapai dengan mengendarai mobil. Lama perjalanan sekitar 2-3 jam dari Medan tergantung kondisi lalu lintas. Pagoda Taman Alam Lumbini berlokasi di Desa Tongkoh, Berastagi, Sumatera Utara. Buat yang bacpacker-an bisa naik angkot Sutra ke Berastagi dengan ongkos sekitar Rp 10.000 kurang lebih.

Anda bisa turun di Tahura atau Simpang Tongkoh. Simpang Tongkoh dapat dikenali dengan tugu buah jeruk di tengah pertigaan. Ikuti saja tanda panahnya dan boleh berjalan kaki sekitar 20 menit. Sepanjang perjalanan singkat ini, di kiri-kanan jalan banyak terdapat kebun strowberi.

View Taman Alam Lumbini in a larger map