Find Us On Social Media :

Sisi Lain Wisata Bandung

By Agus Surono, Sabtu, 11 Januari 2014 | 08:00 WIB

Sisi Lain Wisata Bandung

Intisari-Online.com - Bosan dengan kemacetan Bandung? Cobalah ke kawasan Pacet, Kertasari, dan Pangalengan Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Di kawasan ini bisa ditemukan beberapa tempat wisata seperti kolam renang, kebun stroberi, dan kebun teh. Tempat yang tepat untuk Anda dan keluarga merelaksasi tubuh sebelum kembali beraktivitas pada pekan depan.

Pacet, Kertasari, Pangalengan, memang jalur wisata yang mulai ramai dikunjungi. Selain karena tidak terlalu macet pada hari libur tempat ini juga mempunyai karakteristik yang sama dengan wilayah Ciwidey dan Lembang karena memiliki suhu udara yang dingin.

Kolam Renang Stroberi akan kita temukan tak jauh dari kebun stroberi dan kebun teh di Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari. Suhu yang dingin membuat kita akan merasakan segarnya hawa pegunungan di sini.

Terus melaju ke arah barat kita akan menemukan lokasi pemandian air panas Cibolang. Tentunya di tempat ini juga kita bisa berendam bersama dengan keluarga untuk menikmati akhir pekan sebelum beraktivitas kembali.

Selama perjalanan menuju pemandian air panas ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang maha indah: gabungan dari perkebunan teh yang menghijau sejauh mata memandang dan hamparan pegunungan. Dua khasanah keindahan alam ini mampu membius mata siapa pun, termasuk Anda ketika menyempatkan diri berkunjung ke objek wisata ini.

Luas Cibolang sendiri mencapai 2 hektar dengan berada pada ketinggian sekitar 1.450 meter diatas permukaan laut (dpl). Di daerah ini memiliki temperatur udara antara 23-25 derajat Celcius. Kawasan Cibolang ini terdiri atas hutan tanaman (Kaliandra dan Pinus). Sementara sumber mata air panas yang dipercaya banyak orang bisa menyembuhkan aneka macam penyakit kulit bersumber dari Gunung Windu.

Biasanya kegiatan wisata harian yang dilakukan di objek wisata Cibolang ini yakni piknik, mandi air panas, “ngagogo”, memancing, tracking ke Kawah Burung, atau bahkan berenang. Suasananya yang tenang dan nuansanya sangat nyaman merupakan daya tarik utama objek wisata yang digemari pengunjung segala usia ini.

Objek wisata ini mulai diberdayakan sejak tahun 1985. Sampai sekarang sudah banyak sekali kemajuan yang telah dicapai khususnya berkaitan dengan fasilitas. Sekalipun pada awalnya pemandian air panas ini hanya dibuat bak tertutup, namun mulai tahun 1987 mulai dibuat kolam renang dewasa dan anak-anak. Seiring makin meningkatnya pengunjung maka pada tahun 1990 dibuatlah kolam tambahan.

Tak perlu takut perut kosong melalui jalur Pacet-Kertasari menuju Cibolang, karena sederet rumah makan dengan aroma wangi menyengat hidung akan kerap kita temui di sepanjang jalur ini.

Tak sulit menuju kawasan wisata jalur Pacet-Kertasari menuju Cibolang. Kita cukup melewati jalur Ciparay-Majalaya dari alun-alun Ciparay berbelok ke atas menuju Pacet. Kondisi jalan pun sudah mulus karena sudah banyak yang dibeton dan tidak terlalu macet. (Berbagai sumber)