Find Us On Social Media :

3 Hal Sederhana Ini Ada di Sistem Transportasi Massal Singapura

By Ade Sulaeman, Rabu, 22 Januari 2014 | 18:15 WIB

3 Hal Sederhana Ini Ada di Sistem Transportasi Massal Singapura

Intisari-Online.com - Sebagai salah satu negara yang telah memiliki sistem transportasi massal yang baik, Singapura sangat memperhatikan seluruh aspek yang ada pada moda transportasinya.

Bahkan, mereka memperhatikan fasilitas "sederhana" yang tanpa disadari belum dilakukan di Jakarta.

Dalam kunjungan yang dilakukan bersama dengan PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, Selasa (21/1/2014), Kompas.com mengamati beberapa fasilitas sederhana di sistem transportasi massal Singapura yang baik diterapkan di Jakarta.

Berikut beberapa fasilitas tersebut:

1. Garis pembatas di depan pintu pemberhentian kendaraan

Di stasiun-stasiun MRT maupun halte bus di Singapura, tepat di depan pintu pemberhentian kendaraan dipasangi garis-garis yang membatasi antara penumpang yang akan keluar dan penumpang yang akan masuk. Garis untuk penumpang keluar berwarna hijau dan berada di tengah, sebaliknya, garis untuk penumpang masuk berwarna merah dan berada di kedua sisi garis hijau.

Penumpang yang sedang mengantre masuk tidak boleh menginjak garis hijau agar tidak menghalangi penumpang yang hendak keluar sehingga tidak akan terjadi aksi perebutan jalur antara penumpang yang keluar dan penumpang yang masuk ketika kendaraan berhenti.

2. Peta elektronik