Find Us On Social Media :

Cina dan Rusia Paling Royal Saat Berwisata

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 31 Januari 2014 | 08:00 WIB

Cina dan Rusia Paling Royal Saat Berwisata

Intisari-Online.com - Data dari United Nation World Tourism Organization (UNWTO) menyebut, Cina dan Rusia merupakan negara paling royal saat melancong keliling dunia. Cina, pada 2012 menjadi pasar yang menggiurkan yang paling banyak melakukan perjalanan ke luar negeri denga total pengeluaran 102 milliar dolar AS.

Jika dipersentasekan, pengeluaran yang dilakukan wisatawan Cina mengalami peningkatan sebesar 28 persen pada caturwulan pertama tahun 2013. Sementara Rusia meningkat 26 persen sampai September 2013.

Data yang dikeluarkan pada Senin (20/01) itu juga menyebut beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Austrlia, yang hanya mengalami peningkatan sebesar 3 persen.

Sedangkan Perancis, yang mengalami kemunduran pada tahun 2012 dibanding tahun sebelumnya, menunjukkan peningkatan sebesar 6 persen pada tahun 2013. Sebaliknya, Jerman, Jepang, dan Italia mengalami penurunan dalam jumlah pengeluaran wisatawan yang melakukan perjalanan ke luar negeri.

Indonesia naik signifikan

Yang juga mencengangkan adalah, beberapa pasar yang berkembang dan menunjukkan peningkatan pesat dalam hal jumlah pengeluaran wisatawan yang melakukan perjalanan ke luar negeri di antaranya wisatawan asal Indonesia.

Peningkatan jumlah pengeluaran wisatawan Indonesia mencapai 15 persen di tahun 2013. Untuk periode ini, tentu saja Indonesia unggul dibanding dengan AS, Jepang, Kanada, bahkan Inggris. Sementara negara lainnya, seperti Qatar dan Filipina, mencapai 18 persen. Turki mengalami peningkatan 24 persen, sedangkan Ukraina sebesar 15 persen dan Brasil mencapai 14 persen.  (Ni Luh Made Pertiwi F|kompas.com)