Find Us On Social Media :

Pantai Camplong Yang Tidak Cemplang

By Agus Surono, Rabu, 12 Februari 2014 | 08:00 WIB

Pantai Camplong Yang Tidak Cemplang

Intisari-Online.com - Selain budaya, Madura pun menyajikan wisata pantai yang menarik. Berkelilinglah dari Bangkalan - Pamekasan - Sumenep dan kembali ke Bangkalan melalui sisi utara. Kita akan menemui banyak titik pantai yang aduhai. Sayang untuk dilewatkan. Beberapa pantai sudah dilengkapi dengan infrastruktur penunjang. Toh masih banyak pula yang masih perawan.

Nah, ketika berkunjung ke sini beberapa waktu silam, saya sempat mampir ke Pantai Camplong. Dalam daftar tujuan wisata Pulau Madura pantai ini sudah tercantum. Jadi banyak orang yang sudah mengenalnya. Selain itu lokasinya di pinggir jalan Bangkalan - Pamekasan. Jadi mudah untuk disambangi.

sore sudah menjelang ketika saya berkunjung ke sini. Kebetulan di dekat pantai ada penginapan sehingga sekalian bermalam. Memasuki pantai sudah banyak pengunjung yang ingin menghabiskan sore sembari melihat matahari terbenam. Bentang pasir yang panjang dengan gradasi warna pasir dari putih ke hitam memang cocok untuk menjemput malam.

Pantainya relatif bersih. Selain hotel tadi, sarana penunjang yang sudah ada misalnya pasar wisata, tempat parkir, fasilitas tempat ibadah, taman bermain, MCK, gardu pandang, serta wisata perahu layar. Ombak yang relatif tenang juga membuat orangtua aman melepas anak-anaknya bermain air. Namun tetap harus diawasi.

Tak jauh dari pantai ini terdapat Monumen Sertu Marinir FHA Suyono sebagai orang yang pertama kali melintasi Selat Madura pada tanggal 9 - 10 Juli 1991 sejauh 90 km.

Datang menjelang sore dan bermalam di penginapan tak jauh dari pantai ini, lalu paginya bermain di pantai. Pagi di Pantai Camplong menawarkan pemandangan yang lain. Pantai masih sepi. Kita leluasa untuk bermain pasir atau berburu kepiting pasir.