Find Us On Social Media :

Situ Lembang, Taman Tersembunyi di Menteng

By Agus Surono, Kamis, 1 Mei 2014 | 08:00 WIB

Situ Lembang, Taman Tersembunyi di Menteng

Intisari-Online.com - Letaknya tersembunyi sehingga tak banyak yang tahu. Namun jika kita sudah di Taman Surapati, maka Taman Situ Lembang sudah dekat. Di taman ini ada beberapa mainan anak yang membuat anak-anak akan betah. Tak hanya oleh mainan, namun udara yang jauh dari gerah.

Sesuai namanya, Taman Situ Lembang memiliki situ atau danau yang berada di Jln. Lembang. Situ ini menjadi buruan penyuka mancing. Jadi jangan kaget jika banyak pemancing di sini. Setiap minggu pagi lajur berlarinya kadang dilewati para penggila lari yang mencoba keluar dari area wilayah Hari Bebas Kendaraan di sepanjang Jln. Sudirman - Thamrin.

Sementara bangku-bangku yang ada bisa kita gunakan untuk melepas lelah atau beraktivitas seperti membaca buku atau sekadar bersenda gurau dengan teman. Memandang ke situ yang dihiasi teratai bisa menenteramkan pikiran yang lelah oleh beban pekerjaan.

Taman ini relatif tertata dan terawat. Di taman permainan anak-anak di sisi timur dan barat taman, karpet karet menjadi alas permainan sehingga kita tak perlu takut anak cidera saat terjatuh. Beragam mainan seperti ayunan dan aneka wahana motorik lain siap menghibur anak-anak.

Situ Lembang juga cocok untuk manula. Selain teduh dan hawanya lebih bersih dari kawasan Jakarta kebanyakan, Situ Lembang juga punya jalur refleksi di sebelah area bermain anak. Ini adalah jalan kecil dilengkapi dengan batu-batu yang disusun khusus. Lepas alas kaki kita dan berjalanlah di atas batu-batu ini. Biarkan syaraf kaki kita diterapi.

Untuk makanan, kita bisa bawa sendiri dari rumah untuk dimakan bersama anggota keluarga atau teman-teman. Tapi kalau tidak, ada juga sejumlah pedagang makanan walaupun tidak banyak.

Bagi penggemar film dari grup lawak Warkop DKI, maka beberapa adegan di film itu lokasinya mengambil sebagian sudut dari Taman Situ Lembang. Misalnya adegan menggoda orang pacaran, digoda banci, bernyanyi, sampai tercebur danau, pernah dilakoni awak Warkop DKI.

Untuk menuju Situ Lembang, jika dari Taman Suropati, kita bisa mengarah ke Jln. Teuku Umar. Ada Jln. Padalarang atau Jln. Syamsurizal yang tembus ke Situ Lembang. Atau, dari Taman Suropati ambil Jln. Diponegoro arah Cikini hanya 300 meter, Jln Lembang ada di sisi kiri jalan.

Berwisata ke Situ Lembang dapat menjadi pilihan kalau saat liburan di Jakarta.

View Taman Situ Lembang in a larger map