Find Us On Social Media :

Lima Tips Tukar-menukar Rumah Saat Liburan

By Birgitta Ajeng, Selasa, 29 April 2014 | 19:45 WIB

Lima Tips Tukar-menukar Rumah Saat Liburan

Intisari-Online.com - Mungkin Anda pernah berpikir untuk berlibur di luar negeri dan tinggal di rumah salah satu keluarga di sana. Begitu pula sebaliknya, rumah Anda dipinjam untuk liburan. Liburan jadi lebih hemat biaya.

(Baca juga: Bertukar Rumah Demi Liburan Murah (1))

Di negeri kita, liburan semacam itu memang kurang lazim. Namun, tidak ada salahnya untuk dicoba ‘kan? Berikut lima tips tukar-menukar rumah saat liburan.

1. Referensi tukar-menukar rumah perlu dicari secara mendalam untuk meyakinkan Anda. Informasi dapat dicari melalui mitra penukar sebelumnya. Jangan malu untuk bertanya, biasanya mereka akan senang hati membantu.

2. Periksa bahwa perlindungan rumah Anda masih berlaku ketika mulai dilakukan tukar-menukar rumah saat liburan. Kalau syarat itu tidak dipenuhi, Anda tidak akan mendapat penggantian kalau terjadi sesuatu pada rumah Anda, perampokan misalnya.

(Baca juga: Bertukar Rumah Demi Liburan Murah (2))

3. Selain tukar-menukar rumah saat liburan, Anda mungkin berencana untuk menukar mobil. Jika ada rencana seperti itu, cek jaminan asuransi mobilnya terlebih dulu. Selain itu, bicarakan dulu di awal soal biaya perbaikan bila terjadi kecelakaan. Dan diskusikan pula pembatasan penggunaan atau jarak tempuh.

4. Negosiasikan pembayaran tagihan rumah tangga. Penggunan listrik untuk AC juga perlu dibahas karena ini adalah biaya yang mudah meninggi.

(Baca juga: Bertukar Rumah Demi Liburan Murah (3-selesai))

5. Susun daftar semua yang telah disepakati dan kirim salinan ke mitra pertukaran Anda untuk dimintai tanda tangan mereka. Ini akan membantu untuk menghindari kesalahpahaman jika ada yang tidak beres.

Nah, sekarang tidak ragu lagi kan untuk tukar-menukar rumah saat liburan?