Find Us On Social Media :

Misteri Bolongnya Pantai Karang Bolong

By Agus Surono, Selasa, 24 Juni 2014 | 13:00 WIB

Misteri Bolongnya Pantai Karang Bolong

Intisari-Online.com -  Pantai ini sudah terkenal sebagai salah satu objek wisata pantai di Provinsi Banten. Sejajar dengan pantai lain seperti Pantai Carita dan Pantai Anyer. Diberi nama Karang Bolong karena pantai ini memiliki sebuah tebing karang yang bolong di tengahnya sehingga membuat pantai terlihat unik dan berbeda dari pantai-pantai lain.

Pantai Karang Bolong terletak sekitar 50 km dari Kota Serang. Dahulu pantai ini dikenal dengan nama Pantai Karang Suraga. Suraga berasal dari nama Suryadilaga, seorang yang berilmu tinggi yang bertapa di pantai ini sampai akhir hayatnya. Namun kemudian lebih dikenal karena ke-bolong-annya tadi. Satu ujung karangnya berada di tepi pantai sementara yang lain menghadap ke laut lepas.

Para ahli geologi memperkirakan bahwa lubang pada batu karang ini terjadi akibat terkikis air laut dalam kurun waktu yang lama. Akan tetapi, ada juga yang berpendapat bahwa batu karang tersebut berlubang akibat dari letusan Gunung Krakatau tahun 1883. Hingga saat ini akibat pesisnya karang bolong ini belum diketahui secara pasti.

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa kita lakukan di Pantai Karang Bolong ini. Sekadar bersantai menyaksikan deburan ombak sampai merasakan kesegaran air pantai. Pantai di kawasan ini landai sehingga memungkinkan kita berenang di tepi pantainya. Hanya saja jangan berenang terlalu jauh dan tetap memerhatikan keselamatan. Hal menarik yang sudah dilakukan wisatawan yang pernah berkunjung ke pantai ini adalah berkeliling dengan menyewa perahu motor atau banana boat.

Tak kalah menarik adalah tracking menuju ke puncak karang. Anak tangga yang dinaiki sedikit sempit dan berkelok namun pemandangan hijau pepohonan di sekitar anak tangga akan menjadikan pendakian Anda terasa ringan. Mungkin inilah kekuatan dari sebuah keindahan. Mendekati akhir perjalanan, kita akan sedikit menuruni anak tangga. Di sini terdapat tempat yang cukup lapang untuk menikmati pemandangan pantai dari atas karang.

Dari atas karang kita disuguhi pemandangan yang spektakuler. Keindahan birunya laut lepas tepat berada di hadapan. Sedikit ke arah kiri, kita dapat melihat tebaran batu karang di tepi pantai yang dihantam ombak. Dari sini juga kita bisa menyaksikan Gunung Anak Krakatau sembari menghirup udara pantai dan merasakan lebutnya sentuhan angin membelai kulit.

Untuk menuju Pantai Karang Bolong dapat ditempuh dengan jalur melalui rute: Jalan Tol Jakarta Merak - Cilegon Barat - Anyer - Karang Bolong. Dari Jakarta, Karangbolong hanya berjarak 140 km atau 50 km dari Kota Serang. Karangbolong bisa ditempuh kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Bagi yang mengendarai kendaraan pribadi, dari Jakarta dapat langsung keluar melalui Pintu Tol Cilegon Timur, lalu ke arah selatan menyusuri Jalan Raya Anyer. Lokasi Pantai Karang Bolong tepatnya di Jln. Raya Karang Bolong Km 35 Anyer Lor Serang – Banten. (indonesia.travel)