Find Us On Social Media :

Belajar Tentang Satwa di Jatim Park 2

By Agus Surono, Sabtu, 28 Juni 2014 | 12:00 WIB

Belajar Tentang Satwa di Jatim Park 2

Intisari-Online.com - Setelah Jatim Park 1 sukses, maka dibuatlah Jatim Park 2. Kali ini tema yang diusung adalah dunia fauna. Di sini kita bisa belajar tentang asal usul dan kehidupan satwa, termasuk pula binatang purba. Satwa yang dipamerkan ada yang hidup ada pula yang sudah diawetkan.

Jatim Park yang berada di Kota Batu, Malang, terdiri atas dua bagian. Pertama Museum Satwa yang memamerkan satwa yang telah diawetkan. Kedua Secret Zoo, kebun binatang dengan konsep modern dan alami. Jaraknya sekitar 2 km dari Jatim Park 1.

Setelah membeli tiket di Museum Satwa, kita akan disambut patung gajah purba berukuran besar. Di dalam gedung pertama-tama kita akan disuguhi sangkar burung raksasa berdiameter 5 m dengan tinggi 10 m. Di ruang kedua ada dua "fosil" dinosaurus setinggi 7,5 m yang berdiri kokoh di bawah langit-langit ruangan yang dilukis menyerupai awan.

Masuk ke bagian dalam kita akan disuguhi satwa yang diawetkan dalam diorama dan insektarium. Pada diorama dapat kita lihat satwa darat seperti jaguar (dari Afrika), burung penguin (kutub utara), beruang madu (India), harimau sumatra (Indonesia), dan babi hutan.

Di bagian insekta mata pengunjung akan dimanjakan oleh indahnya 5.032 jenis serangga kupu-kupu, ulat, kumbang, belalang, dan lain-lain. Asalnya beragam, dari Thailand, Madagaskar, Amazon, Indonesia, dan beberapa negara lainnya.

Di bagian diorama satwa air Jatim Park 2 kita temukan satwa semacam ikan air tawar yang banyak terdapat di Indonesia, ikan piranha (Amazon), ikan salmon (Pakistan, kutub utara, Swis), ikan hiu, dan ikan paus tutul.

Seluk beluk satwa dalam diorama dan insektarium tersebut bisa diperoleh dari papan informasi yang tertempel di kaca depan.

Di Secret Zoo kita dapat melihat kehidupan satwa liar dari segala penjuru dunia. Pada bagian pertama akan dicegat oleh keriuhan kicauan beragam burung dan gerak lincah kera. Selanjutnya kelinci yang lucu dan tengokan kangguru yang seperti memanggil untuk mengajak berfoto bersama. Berbagai ular dari berbagai negara juga ada. Anakonda dari Amazon, ular piton dari Kalimantan, ular putih dari India.

Masih banyak satwa-satwa yang bisa kita lihat dan ceritakan kepada anak-anak. Yang jelas, bacalah setiap informasi yang ada sehingga liburan ini akan menambah wawasan kita soal satwa.

Untuk menuju ke sini, jika menggunakan angkot ambil bus kota rute Terminal Landungsari, Malang - Batu, lalu turun di Terminal Kota Batu atau langsung di depan lokasi Museum Satwa. Jika dari Terminal Kota Batu naik angkutan kota turun di depan Jatim Park 2. (Where To Go Malang dan sekitarnya)

Jatim Park 2Jln. Raya Oro-oro Ombo No. 9Kota BatuTlp. 0341-5025777Buka: pukul 10.00 - 18.00 WIB