Find Us On Social Media :

Melihat Keliaran Satwa di Bali Safari & Marine Park

By Agus Surono, Kamis, 17 Juli 2014 | 14:00 WIB

Melihat Keliaran Satwa di Bali Safari & Marine Park

Intisari-Online.com - Melihat satwa liar yang dilepas bebas memang punya nilai tersendiri. Kalau itu yang ingin dicapai, maka Bali Safari and Marine Park-lah tempatnya. Di sana Anda bisa melihat sekitar 50 jenis satwa liar. Yang hidup di darat, air, atau udara, semuanya ada.

Tujuan berwisata terutama memang untuk memanjakan mata dan pikiran. Namun, berwisata bisa pula ditujukan untuk menanamkan nilai-nilai konservasi dan edukasi. Kalau hasil komplit itu yang Anda inginkan, Bali Safari and Marine Park bisa menjadi pilihan. Di objek wisata ini, Anda dapat melihat dari dekat berbagai jenis satwa, pertunjukan satwa, dan beberapa aktivitas yang menghibur.

Lokasi Bali Safari and Marine Park sangat mudah dicapai. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda hanya butuh waktu ± 1 jam perjalanan dari Denpasar. Kalau mau menggunakan kendaraan umum, taksi menjadi satu-satunya yang dapat dipilih. Shuttle service yang disediakan Bali Safari and Marine Park juga ada. Namun, layanan ini hanya dari dan ke hotel dan tempat-tempat tertentu di areal Kuta, Sanur, dan Ubud.

Untuk bisa masuk taman satwa yang diresmikan pada 2007 ini, Anda cukup membeli tiket masuk (tahun 2010 - Red.) seharga Rp 110.000,- (berlaku untuk yang berusia 3 tahun ke atas). Harga tiket sudah termasuk satu kali mengelilingi taman dengan menggunakan mobil safari, menonton atraksi binatang, dan melihat-lihat binatang yang ada di kandang.

Dengan berbekal tiket masuk itu Anda dapat menuju ke terminal utama, tempat bus safari menunggu Anda. Dengan bus itu Anda akan dibawa ke Terminal Bali. Sesampai di Terminal Bali, Anda dapat menuju Lobby Barong tempat pengunjung memperoleh informasi mengenai Bali Safari and Marine Park, mendapatkan peta taman safari, dan menyaksikan berbagai koleksi ikan air tawar dari berbagai negara.

Dari sini perjalanan dapat dilanjutkan ke Terminal Toraja yang berjarak ± 10 menit berjalan kaki. Terminal Toraja, yang mengambil konsep rumah tradisional masyarakat Toraja, merupakan tempat untuk menaiki bus safari yang akan membawa Anda mengelilingi taman safari.

Perjalanan akan dimulai dengan melewati padang rumput yang cukup luas tempat rusa, kijang, zebra, badak, dll. berkeliaran bebas. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke areal pepohonan dimana pengunjung dapat menyaksikan beraneka jenis kera. Pada perjalanan selanjutnya, seperempat badan bus safari akan terendam air karena melewati areal rawa untuk melihat aneka jenis kuda nil, burung air, dan buaya.

Perjalanan akan diakhiri dengan melewati Kampung Afrika tempat Anda menyaksikan aneka satwa Afrika, termasuk singa afrika sebagai bintangnya. Kalau dihitung, sekitar 50 jenis satwa, termasuk satwa langka, dapat Anda saksikan di taman satwa terbesar di Bali ini.

Selain melihat kehidupan berbagai binatang, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas. Misalnya, menunggang kuda poni (khusus untuk anak-anak), unta, atau gajah. Tentu saja, untuk menikmati aktivitas tersebut Anda mesti menyiapkan biaya tambahan. Anda juga dapat melihat pertunjukkan satwa dan savannah drum (khusus hari libur) di Panggung Hanuman (pukul 11.00-13.00), dan 16.00.

Atraksi khusus gajah dapat Anda saksikan di Kampung Gajah (pukul 12.00 dan 15.00). Untuk kenang-kenangan, Anda dapat berfoto bersama bayi orang utan, ular, atau singa. Lagi-lagi, untuk keperluan berfoto ini Anda perlu menyiapkan uang sejumlah tertentu.

Bila Anda tertarik untuk belajar tarian Bali, mencoba aneka permainan modern seperti boom-boom boat, spinning coaster, hingga sailing, atau bermain air, Bali Safari and Marine Park juga menyediakan fasilitasnya. Anda tinggal memilih sesuai prioritas Anda. (Where To Go Bali 2010/Yoga)

DO & DON'T

BALI SAFARI & MARINE PARKLokasi: Jln. Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, GianyarTelepon: 0361 -950000Website: www.balisafarimarinepark.comBuka: Pukul 09.00 - 17.00 WITAHarga tiket masuk: Rp 110.000,-Fasilitas Pendukung: Restoran, toilet, areal parkir, kios cenderamata, dan ATM.