Find Us On Social Media :

Kata Siapa Keliling Dunia Mahal?

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 7 Agustus 2014 | 18:15 WIB

Kata Siapa Keliling Dunia Mahal?

Intisari-Online.com - Satu hal yang paling sering menjadi halangan seseorang untuk melancong keliling dunia adalah anggapan biayanya yang mahal. Nanti dulu; kata siapa keliling dunia mahal?

Dengan pengaturan uang yang tepat, sejatinya masalah dana bukan yang paling utama. Lagipula, tidak ada hukum yang mengaharuskan, berkeliling dunia harus dengan cara yang mewah. Ada beberapa tips khusus yang dipaparkan oleh Tabloid Nova aga para pelancong bisa menikmati perjalananya semurah mungkin.

Ciptakan rekening khusus

Kita bisa menyisihkan sedikit pendapatan kita tiap bulannya di rekening bank yang berbeda. Khusus untuk menyimpan dana bepergian. Ini bagus karena kita tidak perlu menguras tabungan setiap kali bepergian. Dan untungnya, kita selalu punya rekening lain setiap usai bepergian untuk bertahan hidup. Tidak hanya itu, harus ada keinginan yang lebih kuat daripada sekadar menabung.(Baca: Saatnya Solo Traveling!

Mengubah perspektif

Ini sedikit sudah. Apalagi jika sebelumnya terbiasa menikmati gaya hidup yang mumpuni. Tapi coba pikirkan, Rp50 ribu yang kita habiskan untuk membeli secangkir kopi, atau ratusan ribu untuk biaya makan di restoran mahal, bisa disulap menjadi tiket menuju negara tetangga yang tak terlalu jauh jika diakumulasi dalam sebulan.

Pesan tiket 3-4 bulan sebelumnya

Meskipun kita berencana terbang dengan budget airlines, hal terbaik untuk dilakukan demi harga tiket murah adalah memesan tiket 3-4 bulan sebelumnya. Rajinlah memantau masa promo atau sale di masing-masing maskapai.

Bandingkan harga tiket

Hanya karena melihat tanda promosi atau sale , jangan lantas terbuai begitu saja. Jika menyangkut urusan tiket murah, kita harus rajin menghitung dan membandingkan beberapa maskapai. Banyak aplikasi di komputer dan di smartphone  saat ini yang bisa membantu kita melakukan itu. Ingat, tak selamanya budget airlines itu lebih menguntungkan dari maskapai biasa. Inilah gunanya perbandingan.(Baca: Jalan-jalan Tanpa Banjir Anggaran

Pilihlah penginapan yang sederhana

Saat liburan, rasanya hotel hanya akan disinggahi untuk tidur dan mandi saja, bukan? Rasanya akan lebih menghabiskan waktu seharian menikmati suasana lokasi liburan yang kita pilih. Daripada menghabiskan dana di hotel mewah, lebih baik memilih penginapan sederhana atau malah tinggal bersama penduduk lokal.

Lalu, kata siapa keliling dunia mahal?