Find Us On Social Media :

Agustus - September Saat Yang Tepat Mendaki Rinjani

By Agus Surono, Rabu, 6 Agustus 2014 | 08:00 WIB

Agustus - September Saat Yang Tepat Mendaki Rinjani

Intisari-Online.com - Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia. Tingginya 3.726 meter di atas permukaan laut. Tahun lalu, 2013, total wisatawan yang berkunjung ke kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) mencapai 10.200 orang. Dari jumlah itu, 40 persen di antaranya wisatawan mancanegara.

Sedangkan pada bulan Januari sampai Juli tahun 2014, jumlah pengunjung TNGR mellaui pintu masuk Sembalun di Lombok Timur sudah mencapai 10 ribu.

Kepala Pos Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Sembalun, Zulfahri mengatakan, peningkatan jumlah para pendaki tersebut, terlihat dari tingginya angka kunjungan para wisatawan baik nusantara maupun mancanegara yang terpantau melalui pos penjagaan di pintu masuk Sembalun.

"Untuk bulan Agustus ini datanya masih direkap, tapi yang jelas sudah ada puluhan orang yang mendaki ke Rinjani sejak awal Agustus," kata Zulfahri saat dihubungi dari Mataram, Senin (4/8/2014).

Zulfahri menyatakan bahwa puncak pendakian ke Rinjani adalah bulan Agustus hingga September mendatang. Pada dua bulan itu cuacanya sangat mendukung untuk melakukan pendakian.

Berdasarkan catatan, lanjut Zulfahri, para pendaki Nusantara berasal dari Sumatera, Sulawesi, Jakarta,Jawa, Kalimantan, termasuk para pendaki lokal asal NTB. Sedangkan, untuk wisatawan asing berasal dari Eropa, Amerika, Singapura, dan Malaysia.

"Rata-rata mereka yang mendaki ke Rinjani ini dalam rombongan besar, mulai dari 10 orang, bahkan sampai 40 orang dalam satu rombongan," ujarnya.

Meskipun pendakian ke salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia tersebut sempat ditutup selama tiga bulan dari Januari sampai Maret 2014, namun antusias wisatawan, baik mancanegara maupun nusantara yang ingin melihat keindahan alam Rinjani tetap tinggi setiap tahunnya.

"Waktu ditutup memang tidak ada yang naik ke Rinjani tapi begitu dibuka kembali pada bulan April lalu, jumlah pendaki terus saja bertambah. Makanya perkiraan kita jumlah pendakian ke Rinjani pada tahun 2014 akan meningkat dari tahun 2013 lalu," katanya. (Kompas.com)