Find Us On Social Media :

Kopenhagen Kota Paling Bahagia di Dunia (1)

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 8 Agustus 2014 | 12:00 WIB

Kopenhagen Kota Paling Bahagia di Dunia (1)

Intisari-Online.com - Tidak salah saranya menyebut Kopenhagen kota paling bahagia di dunia. Ibukota Denmark itu adalah kota dengan indeks kebahagiaan tertinggi di dunia. Semua tempat di sudut Kopenhagen, di atas kereta angin, di jalan-jalan, penuh wajah riang dengan tawa bahagia. Rasa bahagia terasa di kafe dan restoran yang menyajikan makanan dan minuman enak. Juga di sudut-sudut kota yang bermandi sinar matahari musim panas.

Tahun 2014, untuk ketiga kalinya, Kopenhagen dinobatkan sebagai kota dengan kualitas hidup terbaik di dunia oleh majalah Monocle melalui survei The Monocle Global Quality of Life Survey 2013. Sejak tahun 2007, majalah asal Inggris ini rutin memublikasikan daftar kota di dunia yang memiliki kualitas hidup terbaik.(Baca juga: Calon Kota Paling Layak Huni di Indonesia

Ada beberap kriteria penting yang menjadikan Kopenhagen kopa paling bahagia di dunia, meliputi keamanan/tingkat kriminalitas, keterhubungan secara internasional, cuaca/sinar matahari, kualitas arsitektur, transportasi publik, toleransi, isu lingkungan, akses terhadap alam, desain urban, kondisi bisnis, pengembangan kebijakan yang proaktif, dan layanan kesehatan.

Berada dalam daftar yang sama dengan Kopenhagen adalah Munich, Tokyo, Zurich, Helsinki, Vienna, Stockholm, Vancouver, Melbourne, Paris, Sydney, Honolulu, Madrid, Berlin, Barcelona, Montreal, Fukuoka, Amsterdam, Minneapolis, dan Kyoto. Sementara itu, secara lebih luas, The World Happiness Report yang dibuat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, menempatkan Denmark sebagai negara paling bahagia di dunia dengan skor 7,6.(Baca: Lima Kota Paling Sehat di Dunia

Selain kota paling bahagia di dunia, Kopenhagen juga dikenal sebagai kota sepeda. Tercatat, jalur sepeda di Kopenhagen mencapai kurang lebih 350 kilometer. Itulah mengapa, warga Kopenhagen begitu mudah ditemui di atas sadel kereta angin mereka. Para profesional dengan setelan rapi, bersepatu kulit pun bersepeda ke kantor. Kegemaran warga bersepeda ini menjawab pertanyaan mengapa sosok bertubuh tambun amat jarang ditemukan di Kopenhagen.

Tak salah rasanya menyebut Kopenhagen kota paling bahagia di dunia. --> Kopenhagen Kota Paling Bahagia di Dunia (2)--> Kopenhagen Kota Paling Bahagia di Dunia (3)