Find Us On Social Media :

Menunggu Kota Tua Seperti Bentuk Aslinya

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 9 Agustus 2014 | 07:00 WIB

Menunggu Kota Tua Seperti Bentuk Aslinya

Intisari-Online.com - Bagi Anda pengemar wisata Kota Tua, bersiap-siaplah menunggu Kota Tua seperti bentuk aslinya. Kabarnya, Kepala Dewan Penasihat Konsorsium Jakarta Old Town Revitalization Corporation (JOTRC), Lin Che Wei, mengaku diminta Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk menyelesaikan revitalisasi puluhan gedung di kawasan yang dulu menjadi jantung Batavia itu dalam jangka waktu dua tahun.

Ada 18 gedung yang bisa direvitaliasi dalam waktu satu hingga satu setengah tahun. Gayung bersambut lantaran pihak pemilik gedung di kawasan yang masuk wilayah Jakarta Barat itu mendukung percepatan proses revitalisasi.(Baca juga: Harus Berhati-hati Berlibur ke Tempat Umum)

Sembari menunggu Kota Tua seperti bentuk aslinya, Lin mengaku ada tiga hal yang akan menjadi fokus utama revitalisasi. Salah satunya adalah mengutamakan gedung-gedung tua yang sudah runtuh. Gedung-gedung tersebut akan dibangun kembali seperti bentuk aslinya alih-alih diubah menjadi gedung modern.(Baca juga: Mengenal Jakarta dari Museum Fatahillah

Dari beberapa gedung itu, salah satunya adalah sebuah toko buku yang berangka tahun 1800-an. Lin menyebut toko buku itu adalah toko buku paling besar di zaman Hindia-Belanda. “Kami akan mengembalikannya lagi, menjadi toko buku dan perpustakaan. Bukan hanya gedungnya, tapi marwahnya,” ujar CEO Dewan Eksekutif Jakarta Endowment for Arts and Heritage (Jeforah) itu.Jadi, bersiaplah menunggu Kota Tua seperti bentuk aslinya! (Kompas.com)