Find Us On Social Media :

Melongok Evolusi Samsung Galaxy S dari Masa ke Masa (Bagian Dua)

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 28 Februari 2015 | 09:00 WIB

Melongok Evolusi Samsung Galaxy S dari Masa ke Masa (Bagian Dua)

Intisari-Online.com - Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2010 oleh kepala Samsung Mobile, J.K. Shin, Galaxy S terus mencuri perhatian penggila gadget. Lebih dari itu, ponsel ini terus berevolusi dan mengalami peningkatan dan perubahan dengan tingkat kecanggihan yang terus diperbaharui. Menarik menyimak evolusi Samsung Galaxy S dari masa ke masa.

Seperti disusun oleh KompasTekno, inilah perjalanan evolusi Galaxy S di dunia gadget canggih:

Galaxy S II

Galaxy S mendapat sambutan hangat di pasaran, tapi ponsel yang mengukuhkan posisi Samsung di puncak dunia Android adalah sang penerus, Galaxy S II yang dirilis di 120 negara pada 2011. Tak seperti Galaxy S yang membawa perubahan radikal dari segi desain, Galaxy S II memiliki bentuk yang masih mirip dengan ponsel terdahulu.

 

Perbedaan yang langsung terlihat adalah ukuran layarnya lebih besar, yakni 4,3 inci (800x480), berbanding 4 inci pada Galaxy S. Selain itu kualitas layar juga ditingkatkan dengan memakai panel Super AMOLED Plus.

Prosesor dual-core ARM Cortex-A9 1,2 GHz yang tertanam di Galaxy S II termasuk yang paling bertenaga pada masanya dan membantu ponsel pintar ini dalam mencuri perhatian khalayak. Chip itu dipadankan dengan RAM 1 GB, pilihan media penyimpanan 16 GB atau 32 GB, kamera 8 MB, dan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread.

Popularitas Galaxy S II di pasaran ikut dibantu dengan perhatian Samsung dalam menyalurkan update pada perangkat ini. Terakhir, Galaxy S II masih mendapat sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean.

Galaxy S III

 

Setahun setelah kemunculan Galaxy S II, jajaran seri Galaxy S kembali diperbarui lewat Galaxy S III yang resmi hadir pada 2012. Samsung sedikit mengubah rupa fisik Galaxy S III dengan membulatkan sisi-sisinya sehingga perangkat ini terlihat berbentuk oval.

Tren layar yang semakin besar kembali mewujud pada Galaxy S III yang mengusung panel display Super AMOLED berukuran 4,8 inci dengan resolusi HD (1280x720). Spesifikasi lain pun ditingkatkan. Dapur pacu Galaxy S III diperkuat prosesor quad-core 1,4 GHz dan RAM 1 GB.

Samsung memperluas pilihan kapasitas media penyimpanan pada Galaxy S III menjadi 16 GB, 32 GB. Kamera 8 megapixel dan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich melengkapi deretan spesifikasi ponsel ini.

Seperti pendahulunya, Galaxy S III mendapat sambutan hangat di pasaran. Samsung selaku pembuatnya pun berhasil menambah pangsa pasar di ranah smartphone yang semakin kompetitif. Tak lama setelah diluncurkan, Galaxy S III mendapat "adik" bernama Galaxy S III Mini yang berukuran lebih kecil.