Find Us On Social Media :

Here Maps Akan Dijual Nokia Seharga Rp27,3 Triliun

By Ade Sulaeman, Senin, 13 April 2015 | 18:45 WIB

Here Maps Akan Dijual Nokia Seharga Rp27,3 Triliun

Intisari-Online.com - Ketika Microsoft membeli Nokia beberapa waktu lalu, mereka hanya membeli divisi hardware yang membuat ponsel dan tidak ikut mengambil alih bisnis pemetaan Here dan bisnis jaringan NSN.

Namun, tampaknya Nokia harus bersiap kehilangan unit bisnis peta miliknya setelah laporan dari Bloomberg menyebutkan kalau perusahaan yang berbasis di Finlandia itu akan menjual bisnis Here mereka.

Nokia dikatakan akan fokus pada divisi jaringan selular yang lebih menguntungkan sembari berusaha menaikan rating kredit mereka.

Beberapa pihak yang potensial membeli Here adalah Uber, aplikasi untuk mencari tumpangan, dan perusahaan otomotif asal Jerman. Tidak heran jika calon pembeli Here berasal dari kalangan otomotif karena sistem GPS yang digunakan dalam kendaraan bermotor kebanyakan memang berasal dari Nokia Here.

Nokia Here dijual tidak terlalu mahal, 'hanya' 2,1 milyar dollar dan calon pembeli bisa mulai memberikan penawaran mereka mulai bulan ini. Pemetaan Here berasal dari aksi beli Nokia kepada Navteq Corp tahun 2008 lalu.

Navteq sebelumnya selalu menjadi penyedia peta di berbagai smartphone berbasis sistem operasi Symbian. Ketika dibeli 7 tahun lalu, Nokia harus mengeluarkan uang sebesar 8,1 milyar dollar AS. (chip.co.id)